Kenalkan Museum, Walikota Malang Gunakan Strategi Digital

PolitikaMalang – Malang Drs. H. Sutiaji menyampaikan strategi baru dalam memperkenalkan museum di Kota Malang. “Bagaimana mengoptimalkan museum ini, justru dengan virtual ini semakin banyak orang yang lihat” ujarnya. Kota Malang menggelar event pemanfaatan Museum Mpu Purwa dengan Guyon Bareng bersama Cak Percil, Cak Kuntet dan Cak Hengki. Guyon Bareng di Museum ini juga digelar secara live streaming di channel youtube P&K Tv Kota Malang. Tercatat ada 6.947 orang sudah melihat setelah 5 jam pertunjukan digelar secara virtual. Jumlah ini jauh lebih banyak dari orang yang hadir di Museum Mpu Purwa yang terletak di Jalan Soekarno Hatta B-210 Kota Malang.

“Kenapa Percil karena satu biasanya pake jula-juli jawa, yang kedua karena dia juga youtuber mesti yang ngunjungi banyak” ujar Pak Aji melanjutkan penjelasannya. Museum Mpu Purwa ini, menyimpan jejak peninggalan sejarah masa lampau Malang. Museum ini tampil lebih milenial dengan teknologi modern dengan tata pencahayaan cerah, menghapus kesan suram.

Dalam sambutannya Walikota Malang Sutiaji mengajak untuk lebih mengoptimalkan fungsi museum “Kita viralkan bahwa di kota Malang ada yang namanya museum Mpu Purwa, sebentar lagi mungkin ada Museum Pendidikan yang ada di Tlogowaru, ada Museum Perjuangan yang ada di Jalan Ijen. Kenapa itu kita kenalkan, supaya anak kita mau menghargai jasa orang lain. Saat ini tugas kita semua adalah bagaimana kita mampu menghargai jasa orang lain” ujar Pak Aji panggilan akrab Walikota Malang.

“Museum Mpu purwa membukukan sejarah-sejarah dan bukti sejarah, yang itu harus dipelajari bersama-sama, luar biasanya nenek moyang kita demi ingin menyatukan Indonesia menjadi satu demi mengoptimalkan nilai-nilai kekhalifahan yang telah diberikan oleh tuhan kepada kita semua. Pertanyaannya tinggal kita mau mengoptimalkan Mpu Purwa atau tidak, kita mau menghormati sejarah atau tidak. Kalau kita ingin maju maka hormatilah sejarah dan belajarlah sejarah” ujar Sutiaji.

Baca Juga :   Perkuat Data Aset, Pemkot Malang Gandeng KPK

Leave a Reply