Kepala L2DIKTI Wilayah VII Puji ITN Sebagai Kampus Swasta Terbaik Se-Jawa Timur

PolitikaMalang – Hari Ini, Kamis (28/02/2019) Rektor baru Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang periode 2019-2023, Dr.Ir. Kustamar MT dilantik.

Dalam sambutannya Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah VII Jawa Timur Bapak Profesor Dr Ir Suprapto DEA, memberikan tantangan bagi Rektor baru ITN, Kustamar.

Menurut Soeprapto untuk institut negeri, Institut Teknologi Surabaya (ITS) memiliki kualifikasi yang cukup baik dalam bidang teknologi.

Sementara untuk swasta, ITN Malang yang menjadi rujukan untuk riset teknologi.”ITN Malang itu anaknya ITS, biasanya anak itu lebih maju dari orang tuanya. Jadi ITN harus kalahkan ITS,” kata Soeprapto saat memberikan sambutan dalam pelantikan Rektor ITN Malang, Kamis (28/02/2019).Lebih lanjut Soeprapto menegaskan, dari 4.600 perguruan tinggi baik negeri maupun swasta di Indonesia, ITN Malang berada di posisi ke-70.

Sementara untuk posisi kampus swasta terbaik se-Jawa Timur, ITN Malang berada di posisi pertama.”Tahun depan, bukan lagi 70 tetapi harus naik ke-20. Itu tugas rektor baru,” tambahnyaJadi PTS-PTS di Jatim itu harus mampu mengalahkan PTN,” tambahnya.

Perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Timur lanjutnya, harus mampu mengalahkan perguruan tinggi negeri (PTN). Karena secara jumlah, PTS di Jawa Timur lebih banyak dari PTN.Untuk meningkatkan kualitas pendidikan, perguruan tinggi khususnya ITN Malang harus mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya tenaga pengajar.”Tingkatkan terus pembelajaran, tingkatkan terus kompetensi dosen-dosennya,” pungkas Soeprapto.Sementara itu Kustamar menyatakan akan mengkolaborasikan potensi yang ada misalkan dari dosen juga alumni yang telah bergerak di banyak bidang sebagai sumber belajar.Sehingga bisa makin mendekati kebutuhan industri. Itu juga harus didukung lab yang mendekati industri.“Jika tidak ya keluar kampus.

Meski di dunia industri jika ‘ditunuti’ mahasiswa magang itu tak selalu welcome,” urainya.

Baca Juga :   Cell Vent out Products Very own Grow to be Important These kinds of Days or weeks Wireless Fashionable betting house News

Karena itu ia juga membuka kerjasama dengan investor yang mau bergandengan dengan ITN untuk mengembangkan blended learning, sehingga mahasiswa bisa mendapat ilmu di kampus dan pengalaman di industri.

Dengan pola seperti itu, maka hasil yang dicapai mahasiswa lebih efektif dan bisa cepat mendapatkan pekerjaan,” tutup Rektor baru ITN Malang.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply