Kerjasama Dengan BPN, Kampung 3G Wujudkan Reformasi Agraria

Bambang Ir tangkap program Reforma Agraria yang terdiri dari aset reform dan akses reform,”untuk warga kampung 3G.

PolitikaMalang – Jeda waktu penyerahan Kalpataru 10 Agustus mendatang di Sulut, Bambang Irianto ketua rw 23 Glintung Kelurahan Purwantoro Kec Blimbing Kota Malang ini, terus bekerja melakukan terobosan- terobosan yang bermanfaat bagi banyak orang, salah satunya menangkap Program dari BPN .

Penerima Kalpataru tahun 2018 untuk kategori Pembina Lingkungan 2018 ini, terus membuka kran, apa yang menjadi dasar penilaian yang membuat inisiator Kampung Glintung Go Green (3G) tersebut menjadi penerima Kalpataru.

Saat ini, yang sedang digarap Bambang Irianto, yakni melakukan pendampingan dan upaya merubah ekonomi warga masyarakat Kampung Glintung Go Green (3G), dimana 70 Kepala Keluarga (KK) warga Glintung Go Green mendapatkan manfaat secara langsung dalam bentuk sertifikasi rumah.

Sebelumnya warga Glintung khususnya RW 23, sudah memiliki usaha tapi terjerat rentenir sehingga tidak sanggup memiliki sertipikat rumah.

Lebih lanjut Bambang Irianto menegaskan bahwa dengan sudah dimilikinya sertifikat rumah mereka, warga bisa mendapatkan bantuan untuk mengembangkan usaha yang sudah lama dijalani.

“Setelah lepas dari rentenir dan memiliki sertifikat, maka warga 3G semakin terbantu dengan mudah mendapatkan bantuan usaha dari pihak ketiga,” pungkas Bambang Irianto

Sementara itu, Kepala BPN kota Malang, Masduki membenarkan pernyataan Bambang Irianto yang menyatakan bahwa  BPN memang memiliki kerjasama  dengan Kampung 3G.

“Yang perlu diketahui, Kampung 3G merupakan satu-satunya Role Model Reforma Agraria di Indonesia. Kementerian Agraria memiliki program Akses Reform yang merupakan kelanjutan dari program Aset Reform,” ujar Masduki.

Masduki berharap konsep Glintung Go Green (3G) bisa direplikasi di daerah lain termasuk dalam hal sertipikasi aset rumah yang dilanjutkan dengan akses program.

Baca Juga :   Walikota Malang Sidak Perkantoran, Efektifkan PPKM Tahap 2

“Harapan kami dengan akses reform ini maka akan terjadi peningkatan kesejahteraan dimana kami melibatkan pihak ketiga sebagai penyandang dana setelah warga memiliki sertipikat rumah mereka,” ungkap Masduki.

Masduki menyatakan dengan semakin banyak daerah yang mereplikasi Glintung Go Green (3G) maka akan semakin banyak warga masyarakat yang juga bisa mengikuti program aset reform serta akses reform yang diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraannya,” pungkas Masduki.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply