Kodim 0833 Gelar Latihan Gladi Posko

POLITIKA MALANG – Kodim 0833/Kota Malang terus berupaya untuk meningkatkan kemampuan personelnya melalui berbagai kegiatan latihan, termasuk di antaranya adalah latihan Geladi Posko-I yang rencananya akan digelar selama tiga hari dari tanggal 18-20 Juni 2019 bertempat di Aula Makodim 0833 Jl. Kahuripan No 6 Malang. Selasa (18/06/19).

Latihan Posko-1 Kodim 0833/Kota Malang ” BALADHIKA SIAGA-19″ TA. 2019 ini, dibuka oleh Kasiopsrem 083/Bdj Letkol Inf Nanang Prianggodo mewakili Danrem 083/Bdj dengan tema ” Kodim 0833/Kota Malang melaksanakan Operasi bantuan kepada Polri dan Pemerintah Daerah dalam rangka Operasi Militer selain Perang”.

Dalam amanatnya Kasiopsrem 083/Bdj Letkol Inf Nanang Prianggodo menyampaikan bahwa hakekat diselenggarakannya latihan Posko-1 ialah merupakan suatu latihan taktis tanpa pasukan yang diproyeksikan untuk
Meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan operasi, melaksanakan olah Yudha, penyelenggaraan Kodal Operasi serta implementasi prosedur dan tata kerja yang berlaku di suatu Pos Komando.

Adapun pada pelaksanaan Latihan Posko-1 Tahun 2019 ini, secara khusus bertujuan untuk meningkatkan kemampuan prosedur hubungan Komandan dan Staf yang meliputi aspek Kodal dan prosedur bantuan TNI kepada Polri dan Pemerintah Daerah dalam rangka operasi Militer selain perang untuk menghadapi berbagai bentuk gangguan pertahanan dan ketahanan wilayah yang mungkin timbul akibat dari adanya konflik sosial serta dampak yang diakibatkan.

Latihan Posko-1 ini berangkat dari dinamika kondisi faktual yang terjadi saat ini, khususnya dengan perkembangan situasi politik pasca Pemilu Legislatif dan presiden akhir akhir ini masih dalam proses sidang MK, Satuan Komando Kewilayahan sebagai Satuan Teritorial dituntut untuk mampu memberikan kontribusi yang nyata dalam rangka membantu Polri dan Pemerintah Daerah atas permintaan pada proses penanganan Konflik sosial sebagai bagian dari peran dan tugas TNI.

Baca Juga :   REICH Attached Articles

Melalui Latihan Posko-1 ini diharapkan dapat dijadikan sebagai wahana penyiapan satuan bagi Aparat Komando Kewilayahan dalam rangka membantu Polri dan Pemerintah Daerah dalam rangka penanganan konflik sosial di wilayah secara terpadu dengan melibatkan seluruh unsur baikTNI, Polri, LSM serta masyarakat di wilayah melalui skenario yang dilatihkan, sehingga diharapkan seluruh unsur yang terlibat mampu mengantisipasi berbagai permasalahan yang dimungkinkan dapat terjadi di wilayah.

Secara terpisah Dandim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT menyampaikan bahwa Briefing yang digelar saat ini, pada dasarnya dilakukan guna membantu kelancaran selama berlangsungnya prosesi latihan posko tersebut.

Selain mekanisme, dirinya juga mensosialisasikan berbagai mekanisme pelaksanaan latihan.

Gladi posko ini tujuannya untuk melatih prosedur hubungan antara komandan dengan para stafnya dan tahun ini kebetulan di kodim 0833 materi yang dilatihkan adalah penanganan kerusuhan massa sesuai dengan potensi yang dianggap sering terjadi di wilayah perkotaan seperti kota malang.

“Latihan itu dalam bentuk informasi yang masuk, kondisi yang terjadi, lalu kita tindak lanjuti dengan bentuk tindakan maupun perencanaan bagaimana menghadapi kondisi begini dan bagaimana menghadapi kondisi perkembangan dinamika di mana sebelum selama dan setelah selesainya kerusuhan. Bentuknya latihan tanpa pasukan”, pungkasnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply