Kota Batu Raih Swasti Saba Wiwerda Untuk Kota Sehat 2019

PolitikaMalang – Hari ini, (19/11), Kota Batu menerima penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019 dari Kemenkes RI. Penghargaan diterima langsung oleh Wali Kota Batu, Hj. Dewanti Rumpoko di Sasana Bhakti Praja, Gedung C Kemendagri, Jakarta. 

Penghargaan tersebut merupakan kolaborasi dan sinergi antara Kementerian Kesehatan dan Kementerian Dalam Negeri untuk memberikan apresiasi terhadap Pemda yang berkomitmen dan berhasil menjadikan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019. Penganugrahan ini dihadiri langsung oleh Mendagri, Tito Karnavian dan Menkes, Taruman Agus Putranto.

Kabupaten Sehat merupakan suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Kota Batu meraih penghargaan Kota Sehat Swasti Saba kategori Wiwerda dengan empat tatanan, yakni tatanan kawasan permukiman sarana pra sarana sehat, tatanan kehidupan masyarakat sehat mandiri,tatanan pariwisata sehat dan tatanan ketahanan pangan dan gizi.

Penghargaan ini merupakan bagian dari komitmen bersama Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan di Kota Batu.

Dalam sambutannya Menkes menuturkan, saat ini Pemerintah fokus membahas dua isu pentinng yaitu: stunting dan jaminan kesehatan nasional.

“Angka stunting turun dari 37 persen menjadi 27 persen dalam kurun waktu enam tahun. Pendekatan Kabupaten/Kota Sehat merupakan wujud nyata konvergensi intervensi spesifik dalam penurunan stunting di Indonesia” Tuturnya.

Leave a Reply