KPUD Kota Batu Gelar Pleno, Ini Komposisi Kursi Legislatif 2019 – 2024

PolitikaMalang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu menyelenggarakan Rapat Pleno Terbuka Pra-Penetapan Perolehan Kursi Partai Politik dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kota Batu pada Pemilu 2019, Kamis (4/07/2019) di Hotel Singhasari. Acara ini dihadiri oleh perwakilan seluruh partai politik, Bawaslu, PPK se-Kota Batu, pimpinan instansi pemerintahan, TNI/Polri, serta elemen organisasi masyarakat dan organisasi kepemudaan di Kota Batu.

Mengawali pelaksanaan rapat pleno Ketua KPU Kota Batu (Mardiono) menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah hadir memenuhi undangan. Ia mengungkapkan jika acara tersebut sejatinya dimaksudkan sebagai ajang silaturahmi dan sosialisasi kepada stakeholder masyarakat tentang perolehan suara partai politik dan calon anggota DPRD Kota Batu sekaligus mengonversikannya menjadi perolehan jumlah kursi. “Rapat pleno pra-penetapan hari ini lebih kepada silaturahmi sekaligus mensosialisasikan cara penghitungan kursi menggunakan metode Sainte Lague. Harapannya agar seluruh masyarakat dapat mengetahui bagaimana konversi suara dilakukan,” terangnya.

Mardiono menjelaskan jika hasil penghitungan perolehan kursi pada rapat pleno tersebut bersifat final, dengan artian sudah disepekati oleh seluruh partai politik peserta pemilu di tingkat Kota Batu. Namun, menurutnya, secara teknis proses penetapan secara resmi harus menunggu keputusan atau instruksi dari KPU RI. “Kemarin malam kita mendapatkan surat dari KPU RI. Berdasarkan surat nomor 986 tersebut (yang berisi tentang penundaan penetapan calon terpilih) kami di KPU tingkat daerah tidak berani mengambil keputusan untuk melakukan penetapan. Kami menunggu surat edaran dari KPU RI,” terangnya.

Berdasarkan konversi suara yang telah dilakukan oleh KPU Kota Batu maka kuota 30 kursi anggota DPRD Kota Batu hasilnya adalah sebagai berikut;
1. PKB memperoleh 5 kursi
2. Partai Gerindra memperoleh 4 kursi
3. PDIP memperoleh 6 kursi
4. Partai Golkar memperoleh 4 kursi
5. Partai Nasdem memperoleh 3 kursi
6 . Partai Garuda tidak memperoleh kursi
7. Partai Berkarya tidak memperoleh kursi
8. PKS memperoleh 4 kursi
9. Partai Perindo tidak memperoleh kursi
10. PPP tidak memperoleh kursi
11. PSI tidak memperoleh kursi
12. PAN memperoleh 2 kursi
13. Partai Hanura tidak memperoleh kursi
14. Partai Demokrat memperoleh 2 kursi
19. PBB tidak memperoleh kursi
20. PKPI tidak memperoleh kursi

Baca Juga :   Mantan Menteri dan Artis Ajak Milenial Malang Menangkan Paslon LADUB

Leave a Reply