Kuatkan Persatuan Bangsa di Peringatan Hari Kebangkitan Nasional

POLITIKA MALANG– Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 tahun 2019
dimaknai dari teks sumpah palapa.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-111 tahun 2019 dengan tema Bangkit untuk bersatu di gelar di Halaman Depan Balaikota Malang pada hari Senin (20/5/2019).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Walikota Malang Drs. H. Sutiaji.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Infomasi RI yang dibacakan oleh Walikota Malang, menyampaikan, bahwa peringatan Hari Kebangkitan Nasional dengan dimaknai dari teks sumpah palapa yang dimana gajahmada tidak akan menghentikan puasanya sebelum menyatukan nusantara, Seperti halnya sekarang kita berada dalam situasi paska pesta demokrasi yang telah menguras energi dan emosi sebagian besar masyarakat Indonesia.

Kita mengaspirasikan pilihan yang berbeda-beda dalam pemilu, namun semua pilihan pasti kita niatkan untuk kebaikan bangsa. Oleh sebab itu, tak ada maslahatnya jika dipertajam dan justru mengoyak persatuan sosial kita.

Peringatan hari kebangkitan nasional ditandai dengan berdirinya organisasi Boedi Oetomo. Dalam kondisi kemajemukan bahasa, suku, agama, kebudayaan, ditingkah bentang geografis yang merupakan salah satu yang paling ekstrem di dunia.

“Kita membuktikan bahwa mampu menjaga persatuan sampai detik ini. Oleh sebab itu, tak diragukan lagi bahwa kita pasti akan mampu segera kembali bersatu dari kerenggangan perbedaan pendapat, dari keterbelakangan sosial, dengan memikirkan kepentingan yang lebih luas bagi anak cucu bangsa ini, yaitu persatuan Indonesia” ujar Sutiaji.

Lebih berkesan peringatan hari kebangkitan nasional kali ini dalam suasana bulan ramadan. Bagi umat muslim, bulan suci ini menuntun kita untuk mengejar pahala dengan meninggalkan perbuatan-perbuatan yang dibenci allah swt seperti permusuhan dan kebencian, apalagi penyebaran kebohongan dan fitnah.

Hingga pada akhirnya, pada ujung bulan ramadan nanti, kita bisa seperti mahapatih gadjah mada, mengakhiri puasa dengan hati dan lingkungan yang bersih berkat hubungan yang kembali fitri dengan saudara-saudara di sekitar kita.

Baca Juga :   How Might Web based Cellular phone Advanced online casino As well as Port Recreation Affect Our Life?

Dalam kesempatan upacara pada hari ini juga, penyerahan penghargaan dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota malang, yaitu :
1. Festival Karya tari sebagai penyaji terbaik yang diperoleh Sanggar Ngalam Beksa.
2. Kakang Mbakyu Cilik Diacara Raka Raki Cilik Jawa Timur 2019 :
a). Gerald Ramadhan Yusuf (Pemenang Raka Cilik Jawa Timur 2019),
b). Priawan Daniel Mahendra (Wakil 2 Raka Cilik Jawa Timue 2019),
c). Ratu Bellatrix Yuwono (Wakil 2 Raki Cilik Jawa Timur 2019),
d). Danish El Biruni (Finalis Raka Cilik Jawa Timue 2019),
e). Archie Aksan Bintang Pratama (Finalis Raka Cilik Jawa Timur 2019),
f). Astrella Zervinda Nunciata (Finalis Raki Cilik Jawa Timur 2019).

Sementara pemenang Penyelenggaraan Otonomi Award Kecamatan dan Kelurahan Tahun 2019 :
1. Pemenang Kecamatan dan TP PKK : Kecamatan Blimbing
2. Pemenang Kelurahan :
a. Pemenang 1: Kelurahan dan TP PKK Kelurahan Tulusrejo
b. Pemenang 2: Kelurahan dan TP PKK Kelurahan Dinoyo
c. Pemenang 3: Kelurahan dan TP PKK Kelurahan Ciptomulyo
d. Pemenang Harapan I: Kelurahan dan TP PKK Kelurahan Penanggungan
e. Pemenang Harapan 2: Kelurahan dan TP PKK Kelurahan Kotalama.

Sementara itu Dandim 0833 mengatakan bahwa pada saat itu dilaksanakan Peringatan Hari Kebangkitan Nasional merupakan momentum untuk memelihara, menumbuhkan dan menguatkan jiwa nasionalisme kebangsaan kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan, menegakkan nilai-nilai demokrasi berlandaskan moral dan etika dalam berbangsa dan bernegara,
dihadapkan dengan perkembangan negara kita saat ini.(*)

Pewarta : Djoko winahyu

Leave a Reply