Kunjungi Kampung Pelangi, Totok Daryanto Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan

 

PolitikaMalang – Wakil Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPR RI Totok Daryanto dari Fraksi PAN, melakukan So­sialisasi Empat Pilar dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara kepada warga kampung pelangi perumahan Joyo Grand Malang Jawa Timur.

Kegiatan yang mengambil tema ‘Penegasan Pancasila Sebagai Dasar Negara, Ideo­logi Bangsa dan Negara ini, berlangsung di balai RW 09 Perumahan joyogrand Kota Malang. Kegiatan ini dihadiri Ketua RW 09 Suryo Tri Harjanto,dan ratusan undangan muda mudi serta warga masyarakat RW 09 Joyogrand.

Dalam pemaparan sosialisasi, Anggota DPR RI komisi 7 yang juga sebagai Waketum PAN ini menyampaikan bahwa mungkin soal hafalan isi Pancasila semua pasti hafal di luar kepala, tetapi soal pemahaman dan pengamalan itu perlu terus diingatkan, menyampaikan bahwa Sosialisasi Empat Pilar ini bertujuan agar masyarakat bisa me­ngetahui fungsi dan peran dari MPR RI, yang mana sosialisasi ini merupakan kegiatan rutin MPR RI yang telah diputuskan sejak tahun 2009 demi kemajuan daerah.

Pemberian pemahaman tentang kehidupan berbangsa dan bernegara ini sangat penting dalam kehidupan yang tujuannya memperkuat nilai nilai dan sendi dalam Pancasila. Dimana pemuda jaman now saat ini tidak lagi mengenal apa itu Pancasila dan bagaimana kondisi negara kita saat ini.

“Ini yang sangat kita sa­yangkan. Dan karena dirasa sudah mulai luntur, kita berharap dengan sosialisasi dari kampung ke kampung ini, dapat meningkatkan pemahaman akan kesatuan berbangsa, dan UUD 45 yang sebagai Konstitusi Negara serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika,” kata Totok Daryanto.

Terkait dengan pentingnya pemahaman masyarakat terhadap konstitusi, maka memasyarakatkan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, adalah salah satu tugas penting yang diamanatkan kepada Majelis, disam­ping tugas untuk mengubah dan menetapkan Undang-undang Dasar.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

“Oleh karena itu, maka pada kesempataan yang berbahagia ini, saya mengajak kepada adik-adik muda mudi saudara-saudara sekalian untuk bersama-sama lebih mengenali dan memahami landasan ideologi, konstitusi, komitmen kebangsaan serta semangat kesatuan dalam perbedaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia yang terangkum dalam Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” jelas Totok.

Ketua RW 09 Suryo Tri Harjanto mengatakan bahwa sosialisasi ini sangat penting apalagi akhir akhir ini muncul isu isu radikalisme serta teroris yang sangat menganggu ketentraman dan kedamaian.

“Tentu dengan agenda sosilisasi yng diikuti sekitar 150 undangan ini dapat memberikan solusi dan jalan keluar untuk pemba­ngunan serta kesejahteraan ekonomi di kampung Pelangi ini,” tegas Suryo.

Sedangkan salah satu Pemuda yang hadir pada kesempatan tersebut, Fahmi Andreansyah Katili ketika ditanya tentang makna dari sosialIsasi 4 pilar kehidupan Berbangsa menurutnya,
Empat Pilar Kehidupan Berbangsa dan Bernegara tersebut adalah Pancasila sebagai landasan ideologi, falsafah, etika moral serta alat pemersatu bangsa, Undang-undang Dasar Negara Republik Tahun 1945 sebagai landasan konstitusional, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sebagai konsensus yang harus dijunjung tinggi serta Bhinneka Tunggal Ika sebagai keka­yaan bangsa dan modal untuk bersatu.

“sosialisasi ke wilayah masyarakat itu bisa lebih mengena ke masyarakat daripada sosialisasi di instansi atau lokasi pendidikan karena sudah biasa. Tetapi memberi pemahaman kepada masyarakat umum dan awam itu dampaknya akan luarbiasa dan pasti lebih mengena,” pungkas Fahmi. (*)

 

Pewarta :Djoko Winahyu

 

Leave a Reply