Langkah Gerindra Kota Malang Jelang Pilkada

PolitikaMalang – Kancah perpolitikan Kota Malang jelang Pilkada pada 2018 mendatang mulai menghangat. Rangkaian proses menuju pesta demokrasi bagi warga Kota Malang itu, diketahui bakal mulai pada bulan September mendatang. Kondisi itu, membuat beberapa kalangan politisi sudah mulai aktif menggerakkan langkah baik berupa konsolidasi maupun membuka hubungan politis.

Salah satu partai besar yang sudah mengambil ancang-ancang dalam kontestasi pilkada itu adalah Gerindra. Meskipun belum memunculkan sosok, namun upaya menjalin komunikasi politik dengan partai lain terbilang sangat progresif.

Beberapa waktu lalu, DPC Gerindra Kota Malang diketahui menjalin pertemuan dengan pengurus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) setempat. Menurut Sekertaris DPC partai, Taufik Bambang, pertemuan tersebut merupakan silaturahmi biasa yang kerap dilakukan partai dalam upaya konsolidasi.

“Silaturahmi biasa saja dengan partai, tidak hanya PKS, namun dengan partai lainnya,” kata Taufik Bambang.

Meski begitu, ia tidak menampik kemungkinan pertemuan dengan beberapa partai politik itu membuka peluang koalisi dalam pilkada nanti, apalagi untuk mengajukan nama calon dalam kontestasi pilkada, Gerindra membutuhkan koalisi dengan partai lainnya.

“Kalau memang satu visi dan misi peluang itu masih terbuka lebar untuk bekerjasama di Pilkada, karena selain PDI Perjuangan semua partai di Kota Malang butuh koalisi untuk mengajukan calon, karena aturan jumlah kursi di DPRD. Gerindra saat ini memiliki 4 kursi di DPRD Kota Malang,” ungkapnya.

Soal nama sosok calon, Taufik Bambang, mengaku hingga saat ini partai masih belum mengerucutkan itu, bahkan survei internal juga belum dilakukan partai. Meski begitu, Gerindra, sudah memberi sinyal jika mengajukan nama untuk pilkada, maka diutamakan adalah kader internal.

“Sebetulnya kita terbuka dengan siapa saja, tapi menurut arahan partai alangkah baiknya jika kader internal sendiri yang maju,” tukasnya.

Baca Juga :   Peringati World Clean Up Day, Sutiaji Dorong Masyarakat Jaga Lingkungan

Belakangan ini, dari Gerindra sendiri nama anggota DPR RI dari partai ini, yakni Moreno Suprapto, santer dikabarkan untuk ikut andil dalam Pilkada Kota Malang.

“Memang ada terdengar nama Moreno namun kita sendiri masih belum tahu pasti, karena keputusan itu ada di pusat,” ujarnya.

Tak hanya itu, kabar Moreno bakal menjadi Ketua DPC Partai Gerindra Kota Malang menggantikan mendiang Widya Farid Iskandar juga ramai di dengungkan. Namun, lagi-lagi Taufik Bambang belum bisa menjawab isu tersebut karena keputusan terkait hal itu ada di tingkat pusat.

“Siapa nanti yang jadi Ketua DPC itu pusat yang menentukan, sampai hari ini kita masih belum dapat kabar,” tuturnya.

Dalam menghadapi Pilkada Kota Malang, lanjut Taufik Bambang, partai sudah memanasi mesin politik dengan melakukan konsolidasi hingga tingkat ranting. Apalagi, kemenangan partai besutan Prabowo Subianto di kancah Pilgub DKI Jakata membawa motivasi tersendiri bagi pengurus partai di Kota Malang.

“Kita optimis menghadapi Pilkada Kota Malang, namun kembali lagi, semua keputusan kembali dari pusat,” pungkasnya.

 

 

 

Leave a Reply