Lantik Satlinmas, Bupati Malang Serahkan Mobil Damkar

PolitikaMalang – Bupati Malang Drs HM Sanusi MM, didapuk menjadi Inspektur Upacara, pada kegiatan pelantikan Satuan Perlindungan Masyarakat ( Satlinmas ) Kabupaten Malang tahun 2019. Kegiatan ini dipusatkan di Lapangan Kelurahan Panarukan, Kecamatan Kepanjen, Selasa (10/12) pagi. Sebanyak 650 personel Satlinmas perwakilan wilayah eks Pembantu Bupati.

Dalam amanatnya, Bupati Malang menyampaikan bahwa, pelantikan ini memiliki makna strategis yang bertujuan untuk meneguhkan komitmen nyata dan tekad kuat bagi segenap Anggota Satlinmas Desa/Kelurahan di wilayah Kabupaten Malang, dalam rangka mewujudkan keamanan, ketenteraman, dan ketertiban masyarakat Kabupaten Malang.

” Pelantikan Anggota Satlinmas merupakan langkah awal implementasi ketentuan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 84 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Perlindungan Masyarakat, Pasal 7 Ayat (1), yang menyebutkan bahwa Anggota Satlinmas sebagaimana dimaksud pada pasal 6 dilantik oleh Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten/Kota di wilayahnya,” ucapnya.

Bupati Sanusi berharap, berharap agar keberadaan Satlinmas ini nantinya dapat berjalan beriringan dengan Pemerintah Kabupaten Malang dan menyukseskan seluruh agenda pembangunan, sekaligus menjadi bagian dalam rangka menjalankan amanat sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal. ” Dimana pelayanan yang dimaksud meliputi: pelayanan ketenteraman dan ketertiban umum, pelayanan informasi rawan bencana, pelayanan pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana, pelayanan penyelamataan dan evakuasi korban bencana, ” jelasnya.

Melalui momentum ini, Pak Sanusi mengajak kepada seluruh Anggota Satlinmas di wilayah Kabupaten Malang untuk terus tingkatkan kemampuan dan kapasitas sebagai Anggota Satlinmas yang berdedikasi tinggi, memperkuat kerjasama dan sinergitas, mengingat sebentar lagi memasuki tahun politik, dimana akan diselenggarakan pesta demokrasi Pemilukada. Turut menyukseskan gelaran Pemilukada Kabupaten Malang Tahun 2020, dengan ikut serta membantu dalam menciptakan kondisi ketenteraman dan ketertiban masyarakat, menjelang pelaksanaan hingga pasca Pemilukada.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

” Berupaya membina kehidupan masyarakat yang menjunjung tinggi toleransi terhadap kemajemukkan, dan terus memperkuat koordinasi lintas sektoral, serta meningkatkan kemampuan deteksi dini terhadap berbagai perilaku masyarakat yang terkait dengan bahaya terorisme dan narkoba, dan terus melatih dan menumbuhkan rasa kepedulian terhadap sesama anggota masyarakat, melalui kegiatan penanggulangan bencana atau mitigasi bencana, sehingga mampu meminimalisir kerugian maupun dampak bencana alam yang tidak dapat diprediksi, dan dapat terjadi kapanpun, ” ujarnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati berharap melalui pelantikan Anggota Satlinmas ini nantinya dapat terwujud tata kehidupan masyarakat Kabupaten Malang yang aman dan tenteram, dimana hal tersebut merupakan modal berharga dalam rangka menyukseskan seluruh agenda-agenda pembangunan daerah, demi Kabupaten Malang yang semakin gemilang. Dalam kegiatan yang dihadiri Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Malang, Camat se wilayah Kabupaten Malang, juga diserahkan penghargaan lomba Siskamling tingkat Kabupaten Malang. Untuk juara satu diraih oleh Desa Pujiharjo, Kecamatan Tirtoyudo, untuk Juara kedua didapat oleh Kelurahan Lawang, Kecamatan Lawang. Untuk juara ketiga diperoleh oleh Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Lawang. Serta secara resmi Bupati Malang menyerahkan, satu unit kendaraan pemadam kebakaran. 

Leave a Reply