Launching PSC 119 Kabupaten Malang, Sanusi: Pelayanan Harus Melek Teknologi

PolitikaMalang – Luar biasa, di malam jelang perayaan malam tahun baru 2020, Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M melaunching Public Safety Center (PSC) 119 Kabupaten Malang dari halaman Kantor Bupati Malang, Jalan Panji Kota Kepanjen, Selasa (31/12) malam.

Pemkab Malang menyiapkan layanan ini dengan tujuan utama yakni menangani kegawat-daruratan medis secara cepat melalui Call Center 119. Itupun bisa diakses Telepon / WhatsApp dan Emergency Button bagi masyarakat Kabupaten Malang yang meminta bantuan. PSC 119 Kabupaten Malang bermanfaat untuk meningkatkan akses dan mutu pelayanan kegawatdaruratan bagi masyarakat. Pelayanan ini ditargetkan sudah beroperasi dan dinikmati masyarakat mulai per 1 Januari 2020.

Dalam sambutannya, Bupati Malang berharap, dengan pelayanan ini juga dapat mempercepat waktu penanganan kegawatdaruratan yang terjadi di masyarakat sehingga dapat menurunkan angka kematian dan kecacatan.

“Pelayanan kesehatan juga harus memanfaatkan teknologi” tambahnya.

PSC 119 Kabupaten Malang mengusung konsep dengan keunikan distribusi 24 ambulance dan 400 tablet Smart Health dari setiap Puskesmas dan Dinas Kesehatan dioperasikan demi mempercepat response time dalam penanganan kegawatdaruratan medis, dan bila menemukan atau mengalami kegawatdaruratan dengan tekan tombol emergency button. Masyarakat bisa Unduh Emergency Button Malang – Kab PSC – 119 di Play Store dan tekan tombol Emergency Button -nya apabila menemukan atau mengalami kegawatdaruratan medis.

Bantuan pelayanan itu meliputi tindakan pertolongan pada kasus kegawatdaruratan kurang dari 15 menit, evakuasi dan perawatan kegawatdaruratan medis pada pasien dari tempat kejadian ke tempat pelayanan kesehatan, pemberian informasi kesehatan, dan mengkoordinasikan dengan fasilitas kesehatan.

Launching PSC 119 dikemas dengan cukup meriah dan semarak. Tampak hadir sejumlah anggota Forkopimda Kabupaten Malang, Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda dan para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Camat se Kabupaten Malang, para rector atau Dekan Universitas di Malang raya, Direktur dan Manajemen RS Swasta se Kabupaten Malang, dan Kepala Puskesmas yang ada di Kabupaten Malang.

Baca Juga :   Period https://contedu.ru Journey Tigers

Leave a Reply