Legislator Ali Ahmad, Hasta Group dan Bank Indonesia Bantu UMKM Terdampak Jelang PSBB

PolitikaMalang – Kepedulian kepada masyarakat terdampak Covid-19 terus ditunjukkan oleh anggota DPR RI Komisi XI Ali Ahmad. Salah satu yang menjadi fokus perhatiannya adalah nasib para pekerja Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang sangat terpukul karena adanya pandemi Covid-19 ini.

Terbaru, bekerjasama dengan Bank Indonesia dan Hasta Group, pihaknya telah menyalurkan kurang lebih 1000 paket sembako dan alat kesehatan kepada para pelaku UMKM terdampak Covid-19 di Malang Raya. Bantuan tersebut meliputi beras, gula, minyak, susu serta beberapa alat kesehatan seperti hand sanitizer,masker, sabun dan vitamin dalam satu paket.

Menurut legislator Senayan daerah pemilihan Malang Raya ini, dengan adanya aturan social dan physical distancing membuat UMKM terpukul karena usahanya sangat dibatasi. Sementara, selama ini mereka hanya mengandalkan pemasukan dari usaha tersebut.

“Apalagi saat ini di Malang Raya telah diterapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), tentu ini harus direspon dengan pemberian bantuan sosial kepada mereka juga” jelas pria yang akrab disapa Gus Ali tersebut (18/05/20).

Ia menambahkan, sebagai kota pelajar, pariwisata dan industri, selama ini Malang Raya sangat mengandalkan sektor UMKM dalam perputaran roda perekonomian. Lesunya sektor – sektor tersebut tentu sangat berdampak bagi mereka. Gus Ali juga mendorong kepedulian pemerintah untuk memberikan porsi yang cukup kepada para pelaku usaha dengan restrukturisasi pinjaman dan bunga bank.

Terpisah, CEO Hasta Group, Muhammad Anas Muttaqin juga berharap agar selain bantuan sosial nantinya juga akan ada stimulus pemulihan ekonomi dari pemerintah bagi UMKM. Untuk itu, selain sembako, pihaknya juga telah meluncurkan program branding gratis kepada para pelaku UMKM agar bisa terus menjalankan usaha lewat media digital.

“Berbagai pembatasan membuat UMKM harus beradaptasi, salah satunya bergeser ke digital marketing agar tetap bisa menjangkau konsumen secara luas” ungkapnya.

Sebagai informasi, untuk mempercepat alur distribusi, bantuan sosial yang diprakarsai oleh anggota DPR RI Komisi XI Ali Ahmad, Bank Indonesia dan Hasta Group ini disebar melalui berbagai posko dan lembaga penyalur bantuan di Malang Raya. Pihaknya juga mempersilahkan para pelaku UMKM yang selama ini masih mengandalkan penjualan secara offline untuk mengikuti program branding gratis yang diselenggarakan oleh Hasta Group.


Baca Juga :   Dapat Nomor Urut Satu, Sanusi: Lambang Keberhasilan

Leave a Reply