Lima Partai Politik Lolos Verifikasi KPU Kota Malang, Lainnya Kemana?

PolitikaMalang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang telah menyampaikan hasil penelitian administrasi syarat keanggotaan partai politik calon peserta Pemilu 2019 pada Kamis (16/11). Sejumlah tokoh dan pimpinan partai hadir pada momen tersebut.

Hasil verififkasi yang dilakukan oleh KPU Kota Malang terhadap 18 partai politik terdapat hanya 5 partai politik yang sudah lolos verifikasi, yakni Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai Golkar, Partai Nasdem dan PKS. Sedangkan 9 partai lainnya, seperti Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrat, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Berkarya, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Garuda diharuskan melakukan revisi atas data Sipol yang telah diserahkan.

Sementara 4 partai lainnya, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Indonesia Kerja, dan Partai Republik belum bisa dilakukan verifikasi mengingat masih dalam tahap penyelesaian sengketa di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ketua KPU Kota Malang, Zainuddin, mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan 9 partai masih harus melakukan revisi. Rata-rata terdapat data yang ganda yang diajukan oleh partai hingga keanggotaan yang sama dengan partai lainnya.

“Ada verivikasi faktual atas kegandaan anggota. Seperti ada orang yang didaftarkan oleh partai A ternyata dia anggota partai B, maka untuk kasus semacam itu dibuat surat pernyataan. Itu ada 1 hal yang menyebabkan tidak memenuhi syarat (TMS) dan jumlahnya Sekitar ada 20 persen dari jumlah sipol,” kata Zainuddin.

Selain itu, menurut Zainuddin ada beberapa faktor yang membuat data masuk dalam kualifikasi TMS, yakni adanya kegandaan di internal. “Misalkan data itu tercopy 2 kali, juga ada salinan foto copy buram tidak bisa di baca,” tukasnya.

Baca Juga :   SANTORINI Accompanying Articles

Partai yang belum lolos verifikasi, kata Zainuddin diberikan kesempatan melakukan revisi terhitung pada tanggal 18 November sampai dengan 1 Desember. Jika sampai pada tanggal batas waktu partai tidak melakukan verifikasi maka konsekuensinya akan disampaikan oleh KPU Kota Malang.

“Partai yang belum memenuhi di atas ambang batas minimal harus memenuhi syarat administrasi,” tandasnya.

Leave a Reply