Made: Pak Sutiaji Masih Punya Peluang Dapat Rekomendasi

PolitikaMalang – Salah satu sosok yang menarik perhatian jelang Pilkada Malang adalah Wakil Wali Kota Malang, Sutiaji yang mendaftarkan diri ke PDI Perjuangan sebagai Bakal Calon Wali Kota Malang, beberapa waktu lalu.

Meski ramai koalisi Bangjo (PDI Perjuangan – PKB) didengungkan dengan mengusung sosok H. Moch Anton sebagai bakal calon yang akan diusung, namun ternyata Sutiaji masih peluang mendapat rekomendasi dari partai berlambang banteng itu.

Hal tersebut diungkap oleh Ketua Tim V DPC PDI Perjuangan, I Made Rian Diana Kartika dalam acara diskusi bertajuk ” Membaca Arah Koalisi Parpol dan Persepsi Publik: Fight or Friend” pada Sabtu (9/12).

Adanya peluang PDI Perjuangan memberikan rekomendasi kepada Sutiaji, jika partai ini menjalankan skema pertama yakni mengusung sendiri tanpa berkoalisi. Hal ini memungkinkan karena, PDI Perjuangan memiliki 11 kursi di DPRD atau melebihi syarat dari KPU Kota Malang untuk mendaftarkan calon yakni 9 kursi.

“Kalau kita pakai skema pertama yakni maju sendiri tanpa koalisi, maka Pak Sutiaji punya kesempatan besar untuk mendapat rekomendasi dari partai,” kata Made.

Ia menjelaskan hingga saat ini PDI Perjuangan sudah menerima sebanyak 10 calon yang sudah mendaftar menjadi bacalon wali kota maupun bacalon wakil wali kota baik ke DPC maupun DPP.

Selain itu, partai pimpinan Megawati Soekarnoputri ini juga diketahui memiliki sejumlah kader mumpuni untuk berlaga di Pilkada Malang 2018 mendatang. Karena itu, Made tidak terlalu risau perihal kader yang akan diusung jika partai memutuskan tidak berkoalisi.

“Tapi kami ada perintah agar koalisi Bangjo ini linier antara Pilgub Jatim dan Pilkada Kota Malang. Tapi kami masih dalam tahap berporses dan jika tidak ada titik temu, maka skema maju sendiri akan menjadi pilihan utama,” tandasnya.

Leave a Reply