Masih Zona Orange, Kota Malang Belum Bisa Terapkan New Normal

PolitikaMalang – Berdasarkan hasil rapat evaluasi pelaksanaan masa transisi menuju new normal di wilayah Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu sampai dengan Tanggal 20 juni 2020 di kantor Bakorwil Malang hari Sabtu (20/6) telah dinyatakan bahwa Kota Malang masih berada di zona orange.

Menurut Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa pada saat memberikan arahannya menyatakan bahwa Kota Malang belum bisa menerapkan masa New Normal karena masih berada pada zona orange. “Artinya potensi penyebaran covid-19 di Kota Malang masih pada kategori resiko sedang; sehingga belum bisa menuju masa new normal” ujarnya.

Masa transisi ini, lanjut Gubernur Khofifah, masih akan terus berlanjut sampai Kota Malang berada di zona hijau dan siap memasuki masa new normal dengan penerapan protokol covid.

“Akan kita evaluasi terus selama 7 hari kedepan; kita lihat bagaimana perkembangannya; saya sudah memberikan arahan agar Kota Malang memperkuat kampung tangguh , keluarga tangguh serta memperbanyak influenzer agar pesan yang akan kita berikan pada masyakat dapat tersampaikan” tukasnya.

“Saya harap malang raya bisa menjadi daerah percontohan penanganan covid-19 bagi kabupaten kota lainnya” imbuh Khofifah

Senada dengan Gubernur Jatim, Wakil Walikota Malang, Sofyan Edi Jarwoko dalam paparannya menegaskan bahwa Kota Malang akan terus membentuk dan memperkuat kampung tangguh guna menekan penyebaran virus corona. “Kampung tangguh terbukti mampu memberikan pemahaman pada masyarakat serta mengatasi berbagai permasalahan sosial yang muncul sebagai dampak dari pandemi covid – 19 saat ini” kata pria yang kerap disapa Bung Edi itu.

Ia menambahkan bahwa beberapa wilayah di Kota Malang yang memiliki kasus positif merupakan wilayah yang bukan kategori kampung tangguh sehingga daya tahannya tidak sebagus di kampung tangguh.

Baca Juga :   Walikota Malang: Sampaikan Aspirasi Dengan Cara Yang Baik

“Akan segera kita perbanyak di wilayah lainnya” tandas Bung Edi.

Melalui rakor tersebut maka bisa dipastikan bahwa saat ini Kota Malang masih berada di masa transisi menuju masa new normal sampai Kota Malang dinyatakan sebagai zona hijau.

Leave a Reply