Menakar Plus Minus Dukungan PKS ke Anton

PolitikaMalang – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah resmi mengusung Calon Petahana H. Mochammad Anton di Pilkada Kota Malang Tahun 2018. Dukungan PKS menambah kendaraan politik Anton dalam ajang pilkada tahun mendatang.

Upaya mengusung secara resmi oleh PKS ini cukup mengejutkan, karena hadir ditengah komunikasi politik yang terus digagas oleh PKB dan PDI Perjuangan dalam memuluskan terwujudnya koalisi “Bangjo” yang linier dengan Pilgub Jawa Timur.

Bahkan, PKS hadir memberikan dukungan dengan tanpa syarat yang mengharuskan kandidat bakal calon wakil wali kota Anton nanti dari partai tersebut. Itu semakin mempermudah Anton untuk memilih wakil sesuai dengan kriteria yang cocok dengannya dalam ajang Pilkada nanti.

“Yang jelas PKS tahu diri, karena kami hanya punya tiga kursi dan tidak mensyaratkan wakil dari kita. Tapi kami tetap memberikan pilihan kepada Abah Anton soal kandidat Bacalon N2 tapi kami tidak memaksakan diri,” kata Ketua DPS PKS Kota Malang, Ernanto Joko Purnomo.

Sikap politik secara resmi PKS mendukung Abah Anton dalam Pilkada 2018 digelar di Baiduri Sepah pada Senin (12/12) malam dihadiri struktur dan fungsional dari kedua partai.

Disisi lain, Abah Anton yang juga menjabat sebagai Ketua DPC PKB Kota Malang mengaku hingga saat ini masih terus menjalin komunikasi politik dengan partai lainnya untuk diajak berkoalisi, termasuk dengan PDI Perjuangan.

“Komunikasi dengan partai politik lainnya masih jalan, saya kan masih belum punya kandidat bacalon wakil wali kota sampai saat ini,” ungkap Abah Anton.

Jika menghitung kendaraan politik, maka koalisi PKB dan PKS sesungguhnya sudah mencukupi syarat gabungan partai untuk mendaftarkan pasangan calon ke KPU Kota Malang. PKB Kota Malang saat ini memiliki sebanyak 6 kursi di DPRD dan PKS memiliki 3 kursi, artinya jika ditotal jumlah kursi koalisi itu yakni 9 kursi, sebagaimana syarat minimum pendaftaran pasangan calon ke KPU Kota Malang.

Baca Juga :   Cell Vent out Products Very own Grow to be Important These kinds of Days or weeks Wireless Fashionable betting house News

Suara PKS Diyakini Mampu Bantu Anton

Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah Malang, Wahyud Winarjo, menganalisa dukungan PKS ke Anton menyebut jika suara dari partai Islam itu bisa menambah suara petahana dalam ajang Pilkada tahun mendatang.

Wahyudi menilai, militansi kader dan simpatisan PKS sudah cukup terbukti kuat di berbagai pesta demokrasi baik itu Pemilihan Legislatif hingga Pilkada Kota Malang dalam dua periode lalu.

“Pendukung PKS ini memiliki identitas yang kuat, konstituennya bisa dipercaya dalam artian tidak akan mengalihkan dukungan sebagaimana diamanatkan oleh partai,” kata Wahyudi.

Atas dasar itulah, Wahyudi menilai jika bergabungnya PKS mendukung poros petahana akan membawa dampak positif penyumbang suara dalam Pilkada Malang 2018 mendatang.

“Saya kira ini sisi positif Pak Anton dapat dukungan dari PKS,” ujarnya.

PKB-PKS dan Risiko Resistensi Politik Aliran

Dukungan PKS ke Anton bukan tanpa sisi negatif. Wahyudi menilai bergabungnya dua partai yakni PKS dan PKB ini akan memperuncing resistensi politik aliran di tataran bawah.

PKB sendiri, lanjut Wahyudi selama ini identik dengan kaum Nahdiyin yang lebih nasionalis, plural dan multikultur dalam berbangsa dan bernegara. Sedangkan PKS dikenal sebagai partai yang mengusung ideologi ‘kanan’.

Karena itu, resistensi politik Islam akan menjadi kendala tersendiri, terutama bagaimana memahamkan kepada konstituen di tataran bawah.

“Saya menilai ada satu kerawanan koalisi PKB – PKS ini, karena corak politik dua partai ini berbeda dan itu benar dirasakan oleh kalangan di tingkat bawah,” tandasnya.

Selain masalah resistensi politik aliran, koalisi tanpa syarat dari PKS ini juga dipandang lain oleh Wahyudi. Meski tidak mengajukan sejumlah nama sebagai kandidat bakal calon, namun, bisa saja pemikiran, gagasan dan visi misi partai mempengaruhi kebijakan pemerintahan Anton di periode kedua, jika ia terpilih kembali menjadi wali kota.

Baca Juga :   How Might Web based Cellular phone Advanced online casino As well as Port Recreation Affect Our Life?

“Hal ini juga yang saya kira akan sedikit mengganggu kaum minoritas yang selama ini sudah nyaman dengan Pak Anton. Bisa juga kaum minoritas sudah tak nyaman lagi dengan Pak Anton di masa periode kedua,” tuturnya.

Terkait sikap PKS mendukung Anton, Wahyudi menilai jika keputusan itu merupakan hal yang rasional dan bisa dipertanggungjawabkan secara politis kepada konstituen.

Leave a Reply