Menatap Pilkada, DPD PAN Kota Malang Gelar Rakerda

PolitikaMalang – Suhu politik jelang Pilkada Kota Malang 2018, lambat laun mulai memanas. Sejumlah partai politik diketahui sudah “bergerak” baik dalam rangka memanasi mesin partai ataupun menjalin komunikasi dengan partai lainnya.

Upaya menatap Pilkada Kota Malang, dilakukan Dewan Pimpinan Daerah Partai Amanat Nasional (DPD PAN). Partai ini sedianya akan menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kamis (11/5), di Rumah Makan Ringin Asri.

Salah satu agenda Rakerda partai berlambang matahari itu yakni membahas perihal pilkada disamping mengupas berbagai agenda politik lainnya, seperti penguatan internal partai, program prioritas partai, hingga persiapan pemilu legislatif (Pileg)2019.

Sekertaris DPD PAN Kota Malang, Dito Arief, mengatakan, pembahasan mengenai pilkada sebenarnya sudah mengemuka saat helatan Musyawarah Cabang (Muscab) yang digelar beberapa waktu lalu. Hasil Muscab itu bahkan sudah memunculkan sejumlah nama untuk maju di pilkada, baik dari internal maupun eksternal partai.

Beberapa tokoh seperti, H. Moch Anton, Sutiaji, Wasto dan Iwan Budianto, masuk jajaran nama dari eksternal partai yang diusulkan kader PAN. Sedangkan dari internal partai sendiri, nama Anang Hermansyah, Harun (Anggota DPRD Kota Malang) dan juga Ketua DPD PAN Pujianto juga masuk sebagai kandidat.

“Nama-nama itu sudah diusulkan oleh kader, namun proses komunikasi politik kan masih cair, kita juga belum survei terkait nama-nama itu,” kata Dito Arief.

Dalam kaitannya dengan pilkada, lanjut Dito, mulai aktif menggerakkan mesin partai dari tingkat DPD hingga ranting merupakan hal yang saat ini menjadi fokus PAN. Salah satu pemanas penggerak mesin partai adalah program “KTA-nisasi’ sekitar 3 ribu kader dan diharapkan mampu membawa dampak positif bagi PAN.

“Rakerda besok akan dihadiri Pak Totok Daryanto dari DPP, beliau akan memberikan arahan kepada kader PAN Kota Malang yang hadir,” tukasnya.

Baca Juga :   Walikota Malang: Sampaikan Aspirasi Dengan Cara Yang Baik

Selain membahas Pilkada, agenda politik besar lain yang tidak dilewatkan adalah Pileg 2019, dimana untuk menuju kesana PAN Kota Malang sudah memiliki beberapa program yang mengarah ke titik tersebut.

“Diantara program untuk Pileg 2019, salah satunya adalah pencalegan dini, dimana kita akan mengevaluasi pileg lalu dan mulai melihat beberapa nama yang akan maju dalam pileg nanti,” ujarnya.

PAN Kota Malang berharap dengan adanya Rakerda ini bisa semakin menguatkan struktur partai dalam upaya menghadapi agenda politik masa mendatang. “Tema Rakerda yang diangkat besok yakni Bersama Membesarkan PAN, Mewujudkan Kota Malang Berkeadilan,” pungkasnya.

Leave a Reply