“Orasi” RRI Pro 2, Bahas Capres Hingga Pilkada

PolitikaMalang – Proses edukasi politik bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk media. Itulah yang selama ini dilakukan oleh radio RRI Pro 2 Malang dalam segmen “Orasi” yang hadir setiap hari selasa jam 8 malam. Seperti selasa malam (17/7) kemarin, program Orasi menghadirkan 2 narasumber yang kompeten dalam membahas isu politik terkini yaitu Muhammad Anas Muttaqin, Direktur Hasta Komunika research & consulting dan Mahatva Yoga, direktur Adiwangsa research & consulting. Sedangkan tema yang dibahas adalah tentang pilpres 2019.

Dalam dialog yang berlangsung selama 2 jam itu, berbagai isu terbaru terkait pilpres 2019 dikupas tuntas, termasuk beberapa nama yang digadang – gadang akan digandeng oleh Jokowi sebagai cawapres. Menurut Anas, kemungkinan Jokowi akan menggandeng cawapres dari kalangan profesional dan representasi Islam.

“Kombinasi ideal pasangan capres cawapres adalah nasionalis religius, tentunya hal ini akan sangat dipertimbangkan oleh Jokowi” ungkapnya.

Seperti diketahui, publik saat ini dibuat penasaran oleh 10 nama cawapres yang sudah dikantongi Jokowi. Didalamnya ada beberapa nama ketua partai yaitu Airlangga Hartanto dari Golkar, Muhaimin Iskandar dari PKB dan Romahurmuziy dari PPP. Kalangan teknokrat diwakili 2 menteri Jokowi yaitu Susi Pujiastuti dan Sri Mulyani. KH Makruf Amin dan Din Syamsudin mewakili tokoh agama, Mahfudz MD mewakili akademisi dan Moeldoko dari militer. Tentunya masing-masing tokoh punya kelebihan dan kekurangan yang bisa jadi pertimbangan.

Anas menilai, syarat terpenting adalah aspirasi dari para parpol pengusung Jokowi. Di satu sisi, dengan banyaknya parpol pengusung sekarang, tiket capres sudah ditangan, namun disisi lain semakin banyak calon yang mengajukan diri jadi cawapres.

“Saya kira ada 3 hal yang akan jadi pertimbangan Jokowi nantinya, yaitu soal chemistry, eleketabilitas, dan persetujuan parpol pengusung” tambahnya.

Baca Juga :   Nyekar ke Makam Bung Karno, Bu Nyai: Beliau kawan Berdiskusi Kakek Saya

Sedangkan menurut Mahatva Yoga, program Orasi ini akan reguler mengudara setiap selasa malam dan membahas isu politik terkini termasuk pileg 2019 nanti.

“Ini bagian dari edukasi politik kita kepada masyarakat, terutama generasi muda agar melek politik” pungkasnya.

Leave a Reply