Pangdiv 2 Kostrad Resmikan Proyek TMMD di Kabupaten Malang

PolitikaMalang – Bupati Malang Drs. H.M. Sanusi, MM secara resmi menerima hasil proyek pembangunan dari rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 106 Tahun Anggaran 2019 dari Komandan Kodim 0818/Kabupaten Malang-Kota Batu, Letkol Inf. Ferry Muzawwad, Si.Ip. Penerimaan tersebut secara resmi ditandai dengan penandatanganan berita acara di tengah pelaksanaan upacara Penutupan TMMD yang tergelar di Lapangan Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kamis (31/10) pagi.

Prosesi tersebut disaksikan langsung Panglima Divisi (Pangdiv) 2 Kostrad, Mayjen TNI Tri Yuniarto, S.Ap, MSi, M.Tr (Han) yang sekaligus bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada upacara Penutupan TMMD. Dalam kesempatan itu, sang Jenderal juga memberikan bantuan dan meninjau stand bazar murah serta pelayanan kesehatan gratis kepada masyarakat yang berdiri di bagian kanan kiri lapangan. Pelaksanaan upacara penutupa  TMMD ini diikuti oleh personil gabungan dari TNI-Polri, serta dari Satpol PP dan siswa atau pelajar. 

”Terima kasih atas dukungan Pemda dan seluruh pihak yang ikut serta mensukseskan kegiatan TMMD. Kegiatan TMMD ini sudah berjalan 39 tahun. Sebelumnya dikenal dengan AMD dengan kepanjangan ABRI Masuk Desa. Kegiatan ini sebagai keterlibatan TNI dalam membangun desa. Prajurit bersinergi dengan Pemda dan komponen lainnya. Termasuk membantu dan mempercepat pembangunan di daerah. Pelihara semangat kebersamaan antara TNI dan rakyat, gotong royong, rawat hasil TMMD, lakukan evaluasi menyeluruh,” terang Pangdiv 2 Kostrad dalam arahannya.

Setelahnya, Yuniarto didampingi Bupati Malang dan Dandim berkeliling desa dengan menaiki motor untuk meresmikan sejumlah proyek pembangunan hasil TMMD yang digeber mulai 2 Oktober hingga hari ini. Titik lokasi proyek yang ditinjau dan diresmikan diantaranya mulai dari pembangunan mushola, jalan rabat, MCK dan bedah rumah layak huni. Kedatangan rombongan disambut hangat masyarakat setempat. Tahun ini, tema kegiatan ini adalah ‘Melalui TMMD Kita Wujudkan Percepatan Pembangunan untuk Kesejahteraan Rakyat’.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi 4 Pilar bersama Guru, Gus Ali Tekankan Ideologisasi sejak dini di Dunia Pendidikan

”Pemerintah daerah yang menyiapkan anggaran, TNI yang membangun bersama masyarakat, sehingga hasil pembangunan bisa dirasakan masyarakat. Keinginan Pemkab Malang, kegiatan TMMD seperti yang berlangsung di Desa Kedungsalam ini terus berlanjut dengan skala yang lebih besar lagi sehingga mempercepat pembangunan infrastruktur yang menjadi kebutuhan masyarakat pedesaan. Terutama di daerah pinggiran yang memerlukan sentuhan pergerakan pembangunan. Harapannya, TNI terus membantu dan mendukung program pembangunan Pemkab Malang,” terang Bupati Malang saat diwawancarai awak media, seusai pelaksanaan upacara Penutupan TMMD.

Leave a Reply