Pasangan Menawan Programkan Perluas Gorong-Gorong yang Sempit

PolitikaMalang – Salah satu faktor penyebab banjir di Kota Malang adalah saluran air atau gorong-gorong yang sempit serta dangkal.

Kondisi ini dapat dilihat di wilayah Penanggungan Kecamatan Klojen Malang. Agus Darmawan Sekertaris RT 1 Penanggungan mengungkapkan bahwa air yang melewati gorong-gorong acap kali meluap ketika hujan besar tiba.

“Pasti selalu meluap keluar, dan pasti wilayah sini selalu banjir,” kata Agus

Masalah utama menurutnya adalah gorong-gorong yang kecil, sehingga tidak mampu menampung debit air yang begitu besar. “Ini (Gorong-gorong) sempit, dangkal lagi jadi kalau hujan debit airnya besar akhirnya meluap keluar,” jelasnya

Dari pantauan, saluran air yang dimilki oleh warga di wilayah RW 4 Penanggungan memiliki lebar tak lebih dari setengah meter dan kedalaman tidak kurang dari 1 meter dari permukaan tanah.

“Dengan ukuran itu, gorong-gorong ini harus dipaksa menampung air mulai dari MT Hariono, Mayjen Panjaitan, belum lagi air pembuangan warga juga larinya ke sini semua,” Katanya

Kelurahan Penanggungan memiliki 6 RW dengan satu RW terdiri dari 8 RT. Setiap RT memiliki kurang lebih 55 Kepala Keluarga (KK). “RT 1 itu ada 55 KK, kita ambil ini jumlah ideal. Jadi sekitar 440 KK dalam satu RW yang pembuangan airnya melewati gorong-gorong ini per hari,” jelasnya “Itu baru satu RW bayangkan kalau 6 RW, berapa banyak air yang ditampung. Belum lagi dari wilayah lain,” timpalnya lagi.

Melihat akan kondisi saluran air yang memprihatinkan tersebut, Calon Wakil Walikota Malang dari Pasangan Menawan Achmad Wanedi menegaskan bahwa saluran air yang ada harus segera diperbaiki. “Gorong-gorong ini sudah saatnya diperlebar dan diperdalam lagi,” kata Wanedi saat menyambangi warga Kelurahan Penanggungan, Sabtu (24/2)

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Dengan jargon Ayo Noto Malang Wanedi sampaikan bahwa perbaikan gorong-gorong merupakan bagian dari program perioritas Nanda-Wanedi. “Ini prioritas kami, jadi akan segera kami perbaiki gorong-gorong yang belum beres di Kota Malang, jadi bukan hanya di wilayah ini saja,” ujarnya.

Wanedi juga mengajak partisipasi masyarakat untuk bersama menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan sehingga saluran yang akan diperbaiki tidak tersumbat dengan sampah.

“Gorong-gorong yang sempit penyebab lainnya banjir, dan kami (Nanda-Wanedi) siap untuk atasi itu. Tapi partisipasi dari warga juga harus ada, ingat jangan buang sampah sembarangan,” katanya menasehati

Leave a Reply