PDI Perjuangan-PKB Jalin Komunikasi Politik

PolitikaMalang – Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Malang melakukan silaturahmi politik kepada DPC PKB pada Minggu (23/7). Ketua DPC PDI Perjuangan, Arief Wicaksono memimpin jalannya silaturahmi dan diterima langsung oleh Ketua DPC PKB, H. Moch Anton.

PDI Perjuangan tercatat sebagai partai ketiga yang ‘sowan’ ke PKB usai Hanura dan Golkar yang telah mendahului bersilaturahmi pada partai pengusung bakal calon petahana di pilkada 2018 mendatang.

Berbagai spekulasi muncul terkait dengan pertemuan dua partai itu. Paling santer, PDI Perjuangan dan PKB diprediksi berbagai kalangan akan menjalin koalisi pada pilkada mendatang.

Menanggapi hal itu, Sekertaris DPC PDI Perjuangan, Abdul Hakim, mengatakan jika pertemuan itu tak lain dalam rangka silaturahmi dan menjalin komunikasi antar sesama partai politik di Kota Malang.

“Kita akan berkomunikasi kepada semua partai yg ada di Kota Malang untuk saling bersinergi dalam menata kota ini,” kata Hakim.

Meski masih belum berbicara kongkret perihal koalisi, namun Hakim sedikit menyitir tentang pentingnya platform ‘nasionalis-religius dalam rangka mewujudkan pembangunan

“Kita bergerak taktis dan strategis untuk menjaga kebersamaan, karenanya nasionalis religius ditopang dengan dukungan TNI-Polri yang kuat maka akan menjadikan bangsa dan daerah kita juga kuat,” urainya.

Platform nasionalis religius memang digadang-gadang akan menjadi kekuatan tersendiri dalam Pilkada 2018 mendatang. Akan tetapi, ajang pemilihan kepala daerah itu, juga tidak lepas dari figur yang diusung.

Tiga partai yang sudah berkomunikasi dengan PKB, yakni Golkar, Hanura dan PDI Perjuangan, memiliki sosok ketua DPC yang masuk dalam bursa bakal calon kepala daerah.

Golkar memiliki sosok Sofyan Edi Jarwoko yang sudah malang melintang di dunia perpolitikan. Sofyan, pada pilkada periode lalu sempat digandeng Heri Puji Utami yang tak lain merupakan istri mantan wali kota, Peni Suparto maju di pilkada.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Ketua DPC Partai Hanura, Ya’qud Ananda Gudban, namanya juga kian melambung. Wanita cantik yang akrab disapa Nanda itu elektabilitasnya merangkak naik karena peran aktifnya dalam terjun ke masyarakat. Nanda juga santer dikabarkan akan berkoalisi dengan Anton. Slogan ‘Anda’ kepanjangan dari Anton-Nanda mulai banyak didengungkan akhir-akhir ini.

Sosok Ketua DPC PDI Perjuangan, Arief Wicaksono juga tak kalah tenar. Menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Malang, sosoknya kini dikenal sebagai politisi yang tegas dan kritis dalam menangani berbagai permasalahan yang ada di Kota Malang.

Dari ketiga partai tersebut, dua partai yakni PDI Perjuangan dan Hanura membuka pendaftaran bakal calon untuk posisi N-1 dan N-2.

PDI Perjuangan sudah menyelesaikan tahapan tersebut, dan beberapa nama yakni Arief Wicaksono, Waki Wali Kota Malang, Sutiaji, Wahyu Eko Setiawan, Gandung Rafiul Huda dan satu dosen ITB masuk sebagai pendaftar untuk N-1 di partai berlogo moncong putih ini.

Leave a Reply