PDIP Buka Pendaftaran Cabup, Sekda Kabupaten Malang Ambil Formulir Perdana

PolitikaMalang – Sejumlah partai politik (parpol) sudah memulai tahapan menyambut pilkada Kabupaten Malang 2020 mendatang, salah satunya PDI Perjuangan. Terbaru, seperti dikutip dari Times Indonesia, partai banteng ini menjadi parpol pertama yang membuka proses pendaftaran calon bupati Malang. Menurut salah satu panitia pendaftaran, Santoko, proses pendaftaran yakni tanggal 5-11 September 2019 merupakan proses pengambilan formulir. Kemudian bakal calon diberikan waktu melengkapi dokumen yang menjadi persyaratan pendaftaran.

“Kami memberikan waktu untuk melengkapi berkas serta dokumen pendaftaran hingga 14 September 2019,” terang mantan Ketua KPU Kabupaten Malang tersebut.

Sementara itu, tanpa butuh waktu lama, loket pendaftaran calon bupati tersebut langsung dilirik salah satu calon. Adalah Sekda Kabupaten Malang, Didik Budi Muljono menjadi pendaftar pertama sebagai Bakal Calon Bupati Malang di PDI Perjuangan. Ia datang ke Kantor DPC PDI Perjuangan Kabupaten Malang, di Kepanjen, pada pukul 14.15 WIB, Kamis (5/9/2019).

Seiring kapasitasnya sebagai Sekda Kabupaten Malang, Didik pun siap mengundurkan diri dari jabatan tersebut, apabila nanti dirinya ditetapkan sebagai Calon Bupati Malang dari PDI Perjuangan, pada Pilkada Kabupaten Malang.

“Tentunya saya siap mengundurkan diri apabila nantinya ditetapkan sebagai calon oleh PDI Perjuangan,” ujarnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kedepan dirinya juga akan izin atau sowan kepada Plt Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM akan maju sebagai Cabup Malang pada Pilakada kabupaten Malang.

“Tentu nanti saya akan izin kepada Plt Bupati Malang, terkait hal ini,” kata mantan Kepala Bapenda Kabupaten Malang tersebut.

Dia memastikan, pencalonannya pada Pilkada Kabupaten Malang, tidak akan mempengaruhi kinerja yang ada di Pemkab Malang. Dia memastikan roda pemerintahan tidak terganggu.

“Apabila disahkan sebagai Calon Bupati Malang, maka saya akan mengundurkan diri. Setelah itu berkonsentrasi pada Pilkada ini,” pungkasnya.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Pada pilkada Malang tahun 2020 mendatang, PDI Perjuangan memang menjadi salah satu partai yang paling menarik minat para calon bupati dikarenakan perolehan 12 kursi di legislatif memungkinkan partai besutan Megawati ini untuk mengusung calon sendiri tanpa berkoalisi dengan partai lain. PDI Perjuangan juga berhak atas jabatan sebagai ketua DPRD Kabupaten Malang periode 2019-2024.

Leave a Reply