PDIP Usung Untari Pada Pilkada Malang 2020, Basarah: Kata Siapa?

PolitikaMalang – Suara arus bawah PDIP untuk mengusung Sri Untari sebagai calon bupati Malang 2020 tampaknya harus menunggu kepastian hingga detik terakhir. Pasalnya, Seperti dikutip dari Radar Malang, meski arus bawah partai sudah bertekad mengusung sekretaris DPD PDIP Jatim itu sebagai kandidat, tapi keputusan akhir masih menunggu keputusan Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri.  Sebab, keputusan rekom tidak dilakukan dengan tergesa-gesa.

Hal itu dilontarkan anggota DPP PDIP Ahmad Basarah saat menghadiri acara temu tokoh nasional dalam Sarasehan Pancasila di  Sengkaling Convention Hall kemarin (18/12). Dia malah kaget jika sudah muncul nama Untari yang diusung arus bawah partai.

”Kata siapa? Mana ketua DPC-nya?” tanya Basarah.

Dia menegaskan, belum ada suara resmi akan rekomendasi nama Untari dari tingkat dewan perwakilan cabang (DPC) hingga DPD. Alasannya, internal PDIP masih melakukan monitoring dan evaluasi akan politik daerah yang menyelenggarakan pilkada.

”Karena keputusan nama-nama ini harus menunggu Ibu Mega. Jadi belum ada,” jawab wakil ketua MPR RI ini.

Disinggung adanya Musyawarah Nasional (Munas) PDIP yang menggodok nama-nama calon kepala daerah beberapa waktu lalu, Ahmad tak menampiknya.

”Tapi, kami lihat dulu politiknya bagaimana, partai-partai lain bagaimana. Ya untuk menentukan siapa wakil dan mana kepalanya,” jelasnya.

Politikus yang menjabat ketua Bidang Luar Negeri DPP PDIP ini menegaskan tidak akan terburu-buru mengusung calon kepala daerah. Saat ditanya tentang kapan DPP PDIP mengambil keputusan, Basarah mengatakan, tidak akan terburu-buru. Bahkan, dia menyebut hingga pendaftaran ditutup.

Seperti diketahui, dukungan menyokong Untari menjadi cabup mengalir dari pengurus anak cabang (PAC) dan DPC PDIP Kabupaten Malang. Bahkan akhir November lalu mereka menggelar konsolidasi guna membahas strategi pemenangan Pilbup 2020. Namun Ketua DPC PDIP Kabupaten Malang Didik Gatot Subroto menyampaikan, pihaknya masih menunggu keputusan DPP terkait rekomendasi pencalonan di Pilbup Malang 2020.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

”Kalau pastinya belum, tapi untuk ditetapkan sebagai calon (bupati)  beliau (Untari) siap,” kata Didik.

Ketua DPRD Kabupaten Malang itu mengamini bahwa suara arus bawah di tingkat PAC juga bulat mendukung Sri Untari sebagai cabup. Setelah 10 tahun lepas dari genggaman, Pihaknya optimis PDI Perjuangan bisa memenangkan pilkada pada 2020 mendatang.

Leave a Reply