Pemkab Malang Launching Rusunawa ASN Pertama di Malang Raya

PolitikaMalang – Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kepanjen, Kabupaten Malang. Rabu (11/12) malam diresmikan langsung Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia (PUPR RI) oleh Ir. M. Hidayat MM., Selaku Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR bersama Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi MM. Hadir dalam acara tersebut, Forkopimda Kabupaten Malang dan Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Cipta Karya (DPKPCK) Kabupaten Malang, Dr Ir Wahyu Hidayat MM.

Gedung empat lantai yang berada di komplek perkantoran Block Office Kepanjen, Desa Penarukan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang ini, Pembangunannya ditangani langsung Kementrian PUPR. Melalui bantuan Program Perumahan Kementerian PUPR Tahun 2018 yakni totalnya mencapai Rp 25 miliar. Rusunawa yang dibangun ini memiliki 62 unit block, dan setiap block luasnya 36 meter per segi (m2). Demikian penjelasan Wahyu Hidayat dalam laporannya.

” Rusunawa ASN ini merupakan Rusunawa ASN pertama di Malang Raya. Ini merupakan bentuk kepedulian Pemkab Malang terhadap ASN, dalam rangka kemudahan mendapatkan tempat tinggal. Atas penghargaan Bupati Malang berprestasi ini, mendapat dana pembangunan. Salah satunya diperuntukkan pembangunan Rusunawa ASN ini, ” katanya.

Peresmian Rusunawa ASN Kepanjen tersebut, ditandai penekanan tombol digital oleh Bupati Malang, Drs HM Sanusi MM dan Direktur Rusun Ditjen Penyediaan Perumahan, Kementerian PUPR RI, Ir M Hidayat MM. Pak Sanusi mengatakan, Rusunawa ASN ini letaknya strategis dan bersebelahan langsung dengan kawasan perkantoran terpadu.

” Ini merupakan bentuk dukungan yang sangat berarti bagi Pemerintah Kabupaten Malang guna meningkatkan kinerja, yang selama ini terus diarahkan melalui berbagai inovasi baru. Jadi dapat mempermudah ASN dalam bekerja. Sudah ada sekitar duapuluhan ASN yang siap menempati Rusunawa ini, sehingga kedepan diharapkan akan dapat meningkatkan motivasi ASN dalam bekerja, ” katanya.

Ia menjelaskan, dengan segala fasilitas yang disediakan bagi para pegawai di Kabupaten Malang yang berdomisili di Kota, diharapkan mampu mengurangi biaya hidup. ” Salah satunya dengan rusunawa ini, selesainya pembangunan rusun ASN ini dapat memberikan manfaat khususnya kepada para ASN yang masih belum memiliki rumah tinggal. Rumah Susun (Rusun) adalah salah satu solusi yang tepat sebagai hunian modern yang lebih ramah lingkungan, ” pungkasnya.

Usai meresmikan Rusunawa ASN, dilanjutkan dengan penyerahan kunci kepada salah seorang ASN penyewa. Kemudian Pak Sanusi bersama rombongan melakukan peninjauan fasilitas kamar Rusunawa ASN tersebut.

M Hidayat MM mengatakan, Rusunawa ASN ini memilikinya fasilitas yang lengkap. “Beberapa fasilitas meliput dapur, dua kamar dan kamar mandi. Selain itu, juga terdapat mebeler yang lengkap di dalamnya, keberadaan Rusunawa ASN ini dalam rangka memberikan kemudahan bagi ASN utamanya yang masih muda, dalam mendapatkan tempat tinggal. Dan yang penting ada beberapa perihal yang patut dipatuhi oleh penghuni Rusunawa ASN. Jaga ketertiban dan harus saling toleransi terhadap antar penghuni lainnya,” terangnya. 

Leave a Reply