Pemkot Malang Gelar Pasar Murah Ramadhan

Politika Malang – Tekan Harga Kebutuhan Pokok, Pemkot Malang, Bagian Pengembangan Perekonomian Pemerintah Kota Malang, Gelar Pasar Murah Ramadhan, Kamis besok (31/5) di Jalan Gajah Mada, diikuti 58 peserta.

Kepala Bagian Pengembangan Perekonomian Pemkot Malang, Rinawati, mengatakan, tujuan diadakannya pasar ini tak lain adalah membantu masyarakat untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau pada momen bulan puasa dan mendekati Idul Fitri.

“Pasar Murah Ramadhan ini juga dilakukan untuk mengendalikan stok ketersediaan bahan kebutuhan pokok di pasaran sehingga tidak terjadi kelangkaan yang berimbas pada naiknya harga kebutuhan pokok,” kata Rinawati.

Dijelaskan, 58 peserta yang ikut dalam helatan Pasar terdiri dari berbagai elemen dan stake holder yang meliputi distributor bahan pangan, pelaku usaha, Organisasi Pemerintah Daerah (OPD) di lingkungan Pemkot Malang, BUMD Kota Malang, Kantor Perwakilan Bank Indonesia dan Unsur Perbankan Kota Malang, BUMN serta organisasi sosial kemasyarakatan

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan berbagai stake holder dan siap untuk menggelar pasar murah untuk memfasilitasi masyarakat,” imbuhnya.

Dalam Pasar Murah Ramadhan tahun 2018 ini, selain penjualan paket sembako murah, juga ada layanan penukaran uang baru, penjualan produk urban farming, penjualan paket lebaran, pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dan pelayanan kesehatan gratis.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk datang dan memanfaatkan kesempatan pasar murah ini,” ucap Rinawati.

Data Bagian Pengembangan Perekonomian Kota Malang menyebut Pasar Murah Ramadhan yang digelar setiap tahun selalu membawa dampak positif kepada masyarakat dan juga para stakeholder yang turut serta.

Pada tahun 2016 pasar murah diikuti oleh sebanyak 28 peserta dengam omset sebesar Rp 396,8 juta dan di tahun 2017, juga diikuti dengan jumlah peserta yang sama dengam omset sebesar Rp 305 juta.

Baca Juga :   Dominate Via the internet The state of texas hold'em Research tutorial Review

Terpisah, Pjs Wali Kota Malang, Wahid Wahyudi, mengimbau kepada masyarakat agar memanfaatkan momen Pasar Murah Ramadhan tahun ini untuk mendapatkan kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau.

“Ini adalah kesempatan emas, saya selaku Pjs Wali Kota Malang mengimbau kepada warga agar benar-benar memanfaatkan momen ini dengan baik,” kata Wahid Wahyudi.

Sementara itu Eny Hari Sutiarny Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Malang mengatakan, bahwa
pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil mumbuka stand khusus bagi masyarakat Kota Malang untuk memberi pelayanan terkait kependudukan secara maksimal “SAKODI” (Sak Naliko Dadi).

Pelayanan itu diantaranya, prekaman KTP – elektronik,
Pencetakan KTP elektronik (pengganti surat keterangan
yang sudah berstatus PRR), pencetakan kartu keluarga (KK), pencetakan KIA (kartu identitas anak), penerbitan akta kelahiran, penerbitan akta kematian, dan surat pindah keluar (pindah antar Kab/Kota dalam provinsi maupun luar Provinsi).

“Saya berharap masyarakat bisa memanfaatkan momen ini sebaik baiknya, jadi masyarakat gak perlu harus ke kantor Terpadu Kota Malang khusus besok dan lusa,” pungkas Eny Hari Sutiarny. (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply