Pemkot Malang Operasikan Alat Pendeteksi Kesehatan Pohon

PolitikaMalang – Keluhan masyarakat Kota Malang tentang bahayanya akan pohon yang sudah tua terjawab sudah. Kini Pemkot Malang melalui Dinas Perkim bisa mendeteksi kondisi pohon. Hal ini penting dilakukan, apalagi memasuki musim hujan, yang rawan akan pohon tumbang.

Bekerja sama dengan Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Pemkot Malang menganggarkan untuk pembelian alat pendeteksi pohon tua.

Anggaran yang di gunakan merupakan anggaran APBD sebesar 550 juta untuk membeli alat pendeteksi pohon bernama Sonic Tomography.

Pendeteksian ini merupakan pengamatan visual . Yang melihat apakah kondisinya bagus atau tidak. Pengamatan yang di lakukan di batang pohon . Jika ada pohon yang rusak maka akan di lakukan treatmen untuk pohon .

Pendeteksian ini di lakukan di depan gedung DPRD Kota Malang pada 29 Oktober 2017 . Dimana kondisi pohon yang sudah tua dan rapuh secara fisiknya .

“Ini satu-satunya yang di adakan oleh pemerintah di Indonesia. Karena kami ingin memberikan safety kepada mastarakat . Kan sayang kalo pohonnya kita tebang” ujar Abah Anton.

Sebelumnya alat ini hanya di miliki oleh LIPI, IPB, dan Departemen Perhutanan . Dengan alat Sonic Tomography, pemkot ajak kerja sama dengan fakultas pertanian dan kehutanan.

“Hasilnya sangat bagus pohon ini, jika misal hasilnya kurang bagus nanti akan kita deteksi dengan alat yang lebih spesifik lagi” ujar Dosen Fakultas Pertanian UB, Megha Baskara.

Salah satu dosen Fakultas Pertanian UB, Megha Baskara menambahkan, akan menambahkan penghijauan dan merawat pohon pohon tua yang ada di Kota Malang. “Nanti akan ada aplikasi yang akan terhubung dengan command centre-nya pak wali kota. Alat ini berasal dari Jerman,” kata Megha Baskara.

Sebelumnya, uji coba pertama di adakan di Hutan Kota Malabar . Dimana kondisi pohon yang bagus . Dan ada beberapa pohon yang memang dalamnya busuk tapi secara fisik masih kelihatan bagus .

Baca Juga :   Showmanship Almost limitless Bucks & Girls 15 minutes Instructions

Leave a Reply