Pemprov Jawa Timur Siapkan Ekonomi Kreatif Untuk SMK

PolitikaMalang – Dinas Pendidikan (disdik) Kota Malang bersama Kementrian Perindustrian (kemenperin) mempersiapkan anak Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) untuk keseimbangan kurikulum dan saat magang. Antara industri dengan SMKsendiri sejauh ini sudah siap menjalankan. Pemerintah Provinsi (pemprov) Jatim sudah memfasilitasi dengan payung-payung hukum.

Dengan upaya ini, ditujukan untuk merekatkan antara industri dan SMK. MoU antara Kementrian Perindustrian dengan Dinas Pendidikan terutama untuk SMK PGRI 3 Malang guna menyiapkan SMK untuk magang sekaligus menjadikan anak lebih kreatif dan siap untuk dunia kerja nanti.

Selain itu, upaya Kemenperin untuk mempersiapkan bursa lapangan kerja untuk anak SMK yang telah bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan telah siap untuk menghadapi pasar bebas ASEAN di tahun mendatang.

“Pertumbuhan teknologi yang cepat ini kita sudah mempersiapkan ide yang baru guna menuju pemprov vokasi, jangan sampai kita ketinggalan dan menyerah, harus ada perubahan-perubahan anak SMK melalui kebijakan Gubernur,” ujar Kepala Bidang Pembinaan SMK, Yuono.

Jawa Timur dinilai cukup untuk pendidikan vokasi yang sering menghubungkan kegiatan industri dan SMK. jumlah SMK di Jatim yang sangat banyak dan sudah dinilai oleh Disdik dan Pemda diharapkan SMK bisa multiplayer di semua bidang.

Industri Kreatif dengan pertumbuhan teknologi sekarang sudah menjadi prioritas Kemenperin, pertumbuhan industri kreatif yang sangat cepat dikarenakan sudah memakai rana digital.

“Mereka tidak harus bekerja di pabrik, mereka bisa menjadi wirausaha dengan pembelajaran yang sudah mereka terapkan, kegiatan ini guna membuka link antara SMK dan Industri,” ujar Kepala Bidang Pendidikan Vokasi, Sri Novanti.

Baca Juga :   Dominate Via the internet The state of texas hold'em Research tutorial Review

Leave a Reply