Pemuda Menentukan Kualitas Demokrasi

PolitikaMalang – Generasi muda dinilai menjadi kelompok yang sangat menentukan kualitas pelaksanaan demokrasi. Partisipasi pemuda diharapkan memberikan pengaruh positif menghasilkan tokoh pemimpin ideal.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang, Hutama Budi Hindrata, pada diskusi Pilkada di kantor KNPI Kota Malang Jalan Kawi. Diskusi bertajuk “Pemilih Cerdas Pemilu Berkualitas” itu melibatkan sejumlah organisasi kepemudaan di Kota Malang.

“Tugas meningkatkan kualitas demokrasi bukan hanya domain penyelenggara, tetapi juga masyarakat pemilih, khususnya pemuda. Pemuda lah yang menentukan model dan output demokrasi,” ujar Hutama.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Abud juga menammbahkan, jika proses demokrasi menghasilkan pemimpin yang berkualitas maka itu merupakan potret kondisi dan kualitas pemuda.

“Begitu pun sebaliknya, jika kualitas kepala daerah yang dihasilkan tidak baik, pemuda lah yang harus bertanggungjawab akan hal itu,” imbuhnya.

Komisioner KPUD Kota Malang Deny Bachtiar, mengharapkan partisipasi pemuda tidak hanya saat pelaksanaan pemungutan suara. Lebih jauh, pemuda seyogyanya aktif terlibat dalam setiap proses dan tahapan Pilkada Kota Malang.

“Dari mulai sosialisasi sampai pendidikan politik untuk menghindarkan masyarakat dari pelanggaran Pemilu seperti politik uang,” terangnya.

Deny menegaskan, saat ini tahapan Pilkada Kota Malang, sudah memasuki tahap pemutakhiran data pemilih tetap. Sedangkan proses pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota dilakukan pada 8 Januari 2018.

“Kita berharap Pilkada tahun depan dapat berjalan lancar tanpa adanya halangan berarti,” tandasnya.

Leave a Reply