Penderita Batu Ginjal Tidak Perlu Kawatir, ESWL Segera Diluncurkan

PolitikaMalang – Berangkat dari masalah Batu saluran kemih menjadi salah satu penyakit yang ditakuti oleh banyak orang, serta penyakit ini dapat muncul akibat obesitas, dehidrasi dan gaya hidup yang kurang baik, serta keturunan (genetik).
Persada Hospital Rumah sakit swasta pertama di Malang Raya segera meluncurkan ESWL.

Ketakutan akan batu ginjal muncul karena proses penyembuhan yang mengharuskan penderita melalui tindakan medis tertentu.

“Oleh karena itu, Persada Hospital siap memberikan alternatif penyembuhan batu ginjal yang aman dan mengedepankan kenyamanan pasien, yaitu ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy),” ujar Sylvia Kitty Simanungkalit Kepala Humas Persada Hospital saat di hubungi Repoter PolitikaMalang.

Untuk mengenalkan prosedur penyembuhan batu ginjal ini, Persada Hospital menggelar acara seminar Ilmiah yang bertemakan Management of Urologic Disease on Daily Practice,” tambah wanita yng biasa di panggil Kitty ini.

Seminar yang telah dilakukan kemarin Sabtu (10/11/2018) itu disampaikan oleh Dr. dr. Besut Daryanto, Sp.B., Sp.U (K), dr. Taufiq Nur Budaya, Sp.U, dan dr. Paksi Satyagraha, M.Kes, Sp.U (K).

Ketiga narasumber tersebut merupakan spesialis di bidang Urologi dan membahas tuntas tentang ESWL (Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy) yang merupakan sebuah terobosan baru untuk menangani penyakit batu ginjal dan ureter.

Selain itu, terang Kitty, Persada Hospital juga mengundang Dokter FKTP I, dokter Umum RS, dan dokter praktek pribadi yang kelak akan menjadi fasilitator bagi masyarakat dalam acara peluncuran ESWL.

Untuk diketahui, sesuai dengan namanya, cara kerja prosedur ESWL ini menggunakan terapi gelombang kejut yang kemudian diarahkan ke batu target guna menghancurkan batu tersebut. Dengan begitu, batu ginjal atau ureter dapat dibuang tanpa pembedahan dan luka dan metode ini mampu menjadi sebuah pilihan penyembuhan batu ginjal.

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

Hal utama yang menjadi keuntungan prosedur ESWL,
pasien tidak harus melalui tindakan pembedahan, sehingga tidak akan ada luka pada tubuh pasien. Pembiusan juga tidak perlu dilakukan karena teknologi yang digunakan sudah mampu mengatasi penyakit tanpa mengharuskan pasien melalui tindak pembedahan.

Selain itu, prosedur ini menawarkan masa pemulihan yang cepat sehingga pasien dapat melaksanakan aktivitas seperti biasa pasca tindakan medis.

Terakhir Kitty menyampaikan bahwa Persada Hospital
We love, care, and share merupakan motto Persada Hospital dalam melayani setiap pasien.

Menjunjung tinggi nilai intelligent, hospitality, dan professional menjadikan Persada Hospital sebagai rumah sakit umum swasta kelas B pertama di kota Malang.

Sertifikasi ISO 9001:2008 yang diperoleh pada 2016 merupakan bukti penerapan sistem manajemen mutu yang telah memenuhi syarat.

“Rumah sakit yang terletak di jl. Panji Suroso ini menawarkan beberapa layanan unggulan, yaitu Brain and Spine Center, Urologi Center, Klinik Kedokteran Olahraga, Klinik Alergi dan Biofisika, Klinik Manajemen Nyeri, Katerisasi Jantung & Cathlab, Orthopaedic, Plastic Surgery, dan lain-lain,” pungkas Kitty .(*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply