Pendiri MCW Lolos Uji Kompetensi Capim KPK

PolitikaMalang – Seleksi calon pimpinan (capim) KPK memasuki tahap baru. Seperti dikutip dari Detik, panitia seleksi capim KPK mengumumkan hasil uji kompetensi capim KPK. Sebanyak 104 orang dinyatakan lolos kompetensi. 

“Dari 192 orang yang dipanggil mengikuti uji kompetensi yang hadir sebanyak 187 orang, yang dinyatakan lulus uji kompetensi 104 orang,” ujar Ketua Pansel Capim KPK Yenti Garnasih di gedung Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), Kompleks Istana, Jakarta Pusat, Senin (22/7/2019).

Yenti mengatakan nantinya para capim ini akan kembali mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Tahapan tersebut yaitu tes psikologi. 

“Peserta yang dinyatakan lulus uji kompetensi wajib mengikuti seleksi tahap berikutnya yaitu tes psikologi. Dilaksanakan pada Minggu 28 Juli 2019, pukul 08.00-13.00 WIB,” kata Yenti.

Sebelumnya, uji kompetensi capim KPK digelar pada Kamis (18/7). Para capim KPK itu diharuskan mengerjakan dua jenis uji kompetensi.

Pada tahap pertama, para peserta harus mengerjakan objective test yang terdiri dari 70 soal. Kedua, para capim KPK diharuskan membuat makalah dalam waktu 180 menit.

Sebelum uji kompetensi, para capim KPK telah melewati seleksi administratif. Sebanyak 192 orang dari berbagai latar belakang lolos pada tahap tersebut.

Seperti diketahui, dalam daftar 104 calon yang lolos, terdapat nama Luthfi J Kurniawan, aktivis anti korupsi asal Malang. Pendiri MCW ini memang dikenal punya kapasitas dalam hal dunia pemberantasan korupsi. Dia sudah sekitar 20 tahun melintang di dunia aktivis dan gerakan sosial politik. Saat ditanya alasan kenapa ikut seleksi, Luthfi mengatakan kalau pengalaman yang panjang itulah yang jadi modalnya.

Layak ditunggu apakah luthfi berhasil mengikuti tahapan – tahapan selanjutmya hingga tahap fit & proper tes di DPR nanti, sehingga Malang bisa menciptakan sejarah yaitu turut mengirimkan wakilnya menjadi komisioner KPK.

Baca Juga :   E - Commerce Antar Kota Malang Raih Indonesia Award 2020

Leave a Reply