Pengurus PWI Malang Raya Resmi Dilantik

Politika Malang – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya resmi melantik kepengurusan periode 2017-2020 di Pendopo Kabupaten Malang, Minggu (25/2/2018). Ariful Huda secara resmi didapuk menjadi Ketua PWI Malang Raya.

Dalam sambutannya, wartawan Harian Memorandum itu menyampaikan harapannya agar kegiatan ini menjadi warna baru agar dapat memberikan sumbangsih positif pada dunia pers.

“Mudah-mudahan amanah yang diberikan ini dapat memotivasi kami untuk dapat menjalankan tugas-tugas ke depan sebaik mungkin” jelasnya.

Dalam kepengurusan ini, lanjut Ariful, pihaknya juga melibatkan unsur pemerintah dan unsur pimpinan media agar kedepan kami dapat semakin meningkatkan kinerja dalam rangka memberikan informasi yang aktual kepada masyarakat.

“Salah satu upaya nyata yang kami lakukan dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja kami adalah dengan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan agar kualitas diri rekan-rekan wartawan juga semakin meningkat; karena berita yang akan disebarluaskan membutuhkan pertanggungjawaban akan kebenarannya, untuk itu kami juga melakukan deklarasi bersama perangi berita hoax,” tandas Arif

Hal tersebut juga disambut positif oleh Ketua PWI Jawa Timur, Ahmad Munir dimana upaya Deklarasi Bersama Perangi Anti Hoax dianggap sebagai gerakan yang positif dalam rangka mengurangi dampak negatif pada masyarakat akibat berita hoax yang telah beredar.

“Sejatinya wartawan memang tidak diperbolehkan menyebarluaskan berita hoax kepada masyarakat, namun pada kenyataannya hal tersibut sulit dilaksanakan pada masa sekarang, karena sudah ada kepentingan-kepentingan baik bisnis maupun politik yang sangat mempengaruhi media” ujar Munir.

“Namun, lawan dari berita hoax yang seringkali beredar adalah wartawan itu sendiri melalui citizen journalism yang dapat dilaksanakan” pungkas Munir.

Sementara itu, PJS Walikota Malang, Wahid Wahyudi berpesan agar PWI Malang Raya masa bhakti 2017 – 2020 bekerja lebih ekstra karena keberadaannya bersamaan dengan tahun politik yang identik lebih panas suasananya. “Pers adalah pilar demokrasi sehingga berita yang di tulis adalah berita yang sejuk dan terkonfirmasi agar tidak ada berita hoax yang dapat memperkeruh suasana” ujar Wahid.

Wahid juga berpesan agar pers harus dapat meluruskan kabar-kabar hoax dengan secepat mungkin.

Pers juga punya peran penting, lanjut Wahid, dalam mendorong percepatan pembangunan, oleh karena itu wajar jika pers mengkritik namun kritik yang disampaikan pun harus kritik yang membangun.

“Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat kepada Pengurus PWI Malang Raya masa bhakti 2017 – 2020 semoga amanah yang telah diberikan mampu dijalankan sebaik mungkin” tutup Wahid.

 

Leave a Reply