Inflasi Kota Malang Meningkat 2 Kali Lipat Dibanding Inflasi Nasional Diawal Tahun 2019

PolitikaMalang- Angka inflasi di kota Malang pada awal tahun 2019 bulan Januari meningkat 2 kali lipat mengalahkan inflasi nasional.

Data dari Badan Pusat Statistik (BPS) kota Malang menunjukkan angka inflasi kota Malang berada di kisaran 0,53 persen. Sementara untuk inflasi nasional berada di angka 0,32 persen.

Kepala Seksi Statistik Distribusi BPS Malang Dwi Handayani Prasetyowati menyampaikan, angka inflasi di bulan Januari 2019 kali ini lebih tinggi dari angka inflasi di bulan Januari selama 5 tahun terakhir.

Musabab tingginya angka inflasi kali ini adalah karena kenaikan angkutan udara serta kenaikan beberapa produk pangan lainnya.

“Penyumbang inflasi bulan Januari antara lain daging ayam ras, beras, cabai rawit, wortel, bawang merah, tomat sayur,” kata Dwi Handayani saat rilis inflasi di kantor BPS Kota Malang, Jumat (01/02/2019).

Selain harga pangan, harga lainnya seperti rokok kretek, emas perhiasan juga menyumbang kenaikan yang cukup signifikan. Sementara untuk produk perikanan menurutnya berada diangka stabil.

“Kalau untuk ikan laut tidak naik karena curah hujan cukup tinggi, biarpun hanya sedikit dan di kota Malang adalah tertinggi inflsinya,” ungkap wanita berhijab ini.

Selain faktor pendorong, ada pula faktor penghambat inflasi di kota Malang. Dwi mengaku penurunan bahan bakar dan tarif transportasi menjadi faktor terpenting dalam menghambat laju inflasi kali ini.

“Bensin, apel, batubata, tarif kereta, tarif travel itu turun, karena bulan Desember naik jadi pada bulan Januari harga sudah normal kembali,” tambahnya.

Selain mengalahkan inflasi nasional, angka inflasi kota Malang kali ini juga lebih tinggi dari provinsi. Dwi menjelaskan angka inflasi provinsi berada di angka yang cukup rendah.

“Inflasi Provinsi Jawa Timur yang sebesar 0,34 persen,” akunya.

Baca Juga :   Popularity Regarding Android Game titles Throughout That Smartphone App Market

Sementara itu, Prediksi bulan Februari ini kalau melihat dokumentasi tahun-tahun kemaren, biasanya akan lebih rendah dari bulan Januari.

Hal ini biasanya di sebabkan harga beras yang mulai turun. Menurut Yovi, dari Bulog Sub Divre 5 Malang menyampaikan akan melakukan operasi pasar lebih intens.

“Bulog akan melakukan oprasi pasar setiap harinya, seperti di pasar kebalen dan pasar-pasar lainnya di Kota Malang” janji Yovi .

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply