Peran Mahasiswa Dalam Mensukseskan Pilkada

PolitikaMalang – Mahasiswa sebagai agen perubahan tentunya memiliki posisi penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, termasuk dalam urusan perpolitikan yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Peran mahasiswa dalam upaya mengawal prosea demokrasi itu sangat penting, utamanya dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat. Hal itulah yang muncul saat diskusi publik Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Malang dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Malang, pada Sabtu (14/10) silam di Gasebo Cafe and Resto.

Mengangkat tema “Peran Masyarakat dalam Menyongsong Pilkada 2018” agenda diskusi itu dihadiri dua narasumber mumpuni yaitu Azhari Husein selaku komisioner KPU dan Hendry Mahardika mantan ketua KPU Kota Malang.

Diskusi yang dihadiri oleh kader HMI dan mahasiswa lingkungan kota Malang ini, bertujuan memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya mahasiswa agar ikut terlibat dalam mengawal iklim demokrasi yang aspiratif serta akomodatif dalam menyongsong pilkada kota Malang 2017.

“Ini adalah bentuk partisipasi mahasiswa dalam menyongsong pilkada,” Kata Ketua HMI Cabang Malang, Harianto.

Sementara itu Azhari Husein menjelaskan jika diskusi ini selain sebagai upaya sosialisasi pilkada Kota Malang, juga sangat penting untuk menjelaskan peran-peran yang bisa diambil oleh kelompok mahasiswa dan HMI untuk turut menyukseskan pilkada yang akan detang dengan porsi masing-masing.

“Mahasiswa memiliki peran yang krusial dalam hal ini,” kata Azhari.

Sementara Hendry Mahardika menyampaikan perkembangan demokrasi di era saat ini. “Pilkada langsung sebagai sarana untuk memilih pemimpin merupakan model yang terbaik untuk saat ini” kata Hendry.

Lebih lanjut Ia, mendorong agar mahasiswa mengambil peran-peran yang kreatif dengan mengikuti perkembangan zaman. “Model sosialisasi harus memanfaatkan sarana teknologi yang mudah diakses semua lapisan Masyarakat” ungkapnya.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Leave a Reply