Peran Serta Kekuatan TNI Dalam Mitigasi Bencana

POLITIKA MALANG – Komandan Kodim 0833/Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson, M.PICT menjadi Narasumber dalam acara sosialisasi Peran serta TNI dalam Mitigasi Bencana Tahun 2019.

Sosialisasi Peran serta TNI dalam Mitigasi Bencana ini diselenggarakan oleh BPBD Kota Malang, bertempat di Hotel Sahid Montana Jln. Kahuripan No. 9 Malang. Rabu (29/5/2019).

Dalam materinya Dandim 0833 menyampaikan Penggunaan kekuatan TNI-AD dalam membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan yang bertujuan mencegah berkembangnya kerugian , baik jiwa maupun harta benda rakyat dan membantu mengatasi kesulitan rakyat agar tidak menimbulkan akibat yang mengancam kedaulatan negara dan keselamatan bangsa dilaksanakan melalui kemampuan pembinaan teritorial.

komando kewilayahan memiliki kesempatan untuk mengambil peran dalam tahap mitigasi bencana. Mitigasi ini akan lebih kepada pengurangan resiko sebelum bencana itu terjadi. Kegiatan bisa bersifat fisik maupun nonfisik.

Pelaksanaan penanggulangan bencana konteksnya TNI adalah asas kesatuan komando jadi kalau militer lebih dimudahkan karena kesatuan komando nya jelas dari atas kami sebagai bagian dari instansi vertikal sekaligus sebagai perwakilan instansi vertikal di wilayah juga bisa sebagai badan pelaksana, mungkin inilah uniknya struktur komando kewilayahan bahwa kesatuan komando nya jelas dari pusat sampai ke wilayah, kita lebih cepat prosesnya sementara di wilayah juga sudah dilengkapi dengan baik jumlah personil maupun perlengkapan yang bisa mungkin di Kodim tidak punya, cuman Kodim bisa menggerakkan aset TNI yang ada di wilayah.

Dalam menghadapi tantangan ke depan pembentukan Kelurahan Tangguh mungkin akan lebih baik, akan lebih responsif dalam menghadapi setiap kemungkinan perkembangan situasi yang ada.

Kalau prajurit TNI secara umum di lapangan kita memiliki beberapa langkah yang pada intinya adalah serangkaian langkah-langkah yang harus kita ambil dalam menghadapi setiap situasi kontijensi dan aplikasinya terhadap bencana.(*)

Baca Juga :   Wie man Spielautomaten-Spiele kostenlos spielt

Pewarta : Djoko Winahyu
.
.

Leave a Reply