Perguruan Tinggi Harus Berperan dalam Pengawasan Pemilu

PolitikaMalang – Pengawasan pemilu tidak saja menjadi tugas Badan Pengawas Pemilu, tetapi jauh lebih penting adalah peran masyarakat dalam turut serta melakukan pengawasan dalam proses penyelenggaraan pemilu. Perguruan tinggi menjadi salah bagian dari masyarakat yang mempunyai peran penting dalam berkontribusi mengawal proses penyelenggaraan pilkada serentak 2018 maupun pemilu 2019.

Kota Malang adalah kota pelajar, dimana banyak perguruan tinggi berdiri dikota dingin ini tempat mahasiswa menuntut ilmu. Ada sekitar 60 ribuan mahasiswa setiap tahunnya bermukim di Malang yang mempunyai hak pilih dalam pemilu tahun 2019. Potensi inilah yang menjadi landasan Bawaslu Jawa Timur mendorong perguruan tinggi untuk ikut berpartisipasi dalam mengawal pemilu.

Bawaslu Jawa Timur bersinergi dengan Univeristas Islam Malang, ditandai dengan penandatanganan MOU. Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh.Amin,M.Pd dan Rektor Unisma Prof. Dr.H.Maskuri Bakri,M.Si.bersama sama melakukan penandatanganana nota kesepahaman.

Ruang lingkup Kerjasama yang dituangkan dalam MOU tersebut, meliputi Kesepakatan Bersama, mencakup Tridharma Perguruan Tinggi, Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat. Antara lain , Penyelenggaraan Pelaksanaan Mahasiswa/i Magang, KKN, Lokasi Penelitian, Penyelenggaraan Relawan dari mahasiswa/l UIN, Penyelenggaraan kegiatan Ilmiah, Kajian Ilmiah, Seminar dan Lokakarya, Peningkakatan dan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan, Info Karir / Kesempatan Kerja.

Dalam kesempatan ini, rektor Unisma juga memberikan materi dengan tema “Peran Serta Perguruan Tinggi Dalam Pengawasan Pemilu “ dihadapan puluhan mahasiswa dari 5 perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta di Malang.(*)

Pewarta :Djoko Winahyu

Baca Juga :   How Might Web based Cellular phone Advanced online casino As well as Port Recreation Affect Our Life?

Leave a Reply