Peringati Hari HAM, SMART Gelar Aksi Turun Jalan

PolitikaMalang – Solidaritas Mahasiswa untuk Rakyat Tertindas (SMART) menggelar aksi demo di depan Kantor DPRD Kota Malang dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) pada Senin (11/12).

Dalam kesempatan itu SMART mengemukakan berbagai permasalahan tentang HAM yang masih belum diselesaikan oleh pemerintah serta menyoroti kasus dugaan pelanggaran hak asasi yang saat ini masih terjadi seperti hak atas tanah di Kulon Progo.

Mahasiswa menegaskan, Peringatan Hari HAM merupakan momen dimana masyarakat agar merawat ingatan agar mengkampanyekan bagaimana kasus pelanggaran HAM masa lalu tidak terulang lagi pada era saat ini dan masa mendatang.

“Pelanggaran HAM pada hakekatnya adalah salah satu hal yang merampas kemanusiaan,” kata koordinator aksi, Najib.

Mahasiswa menilai tidak tuntasnya pengusutan kasus pelanggaran HAM merupakan bukti jika pemerintah tidak serius dan perlu ada gerakan bersama agar masalah ini diselesaikan.

Aksi mahasiswa turun ke jalan ini membawa beberapa tuntutan antara lain, Tolak Keterlibatan Militer di Wilayah Sipil, Usut Tuntas Kasus Pelanggaran HAM di G 30S 1965, Berikan Kebebasan Berserikat, Berpendapat dan Berorganisasi, Cabut UU Ormas Nomor 2 Tahun 2017 serta Hentikan Segala Bentuk Perampasan Tanah dan Penggusuran Rumah Rakyat.

Baca Juga :   How Might Web based Cellular phone Advanced online casino As well as Port Recreation Affect Our Life?

Leave a Reply