Perkokoh Kerukunan, FKUB Kabupaten Malang Gelar Dialog Lintas Agama

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M menghadiri acara Dialog Pemuda dan Tokoh Lintas Agama seKabupaten Malang di Pendopo Kabupaten Malang, Kota Kepanjen, Senin (30/12) siang. Acara bertemakan “Memperkokoh umat beragama di Kabupaten Malang” ini sebagai sarana bertukar pikiran terkait pada era saat ini berbagai pengaruh dan dampak negatif dari perkembangan lingkungan, yang disertai dengan berubahnya persepsi dan hakikat ancaman terhadap kedaulatan bangsa.

Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati menegaskan, hal ini tentu harus dicermati seluruh elemen bangsa secara sungguh-sungguh. Pasalnya, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi, serta komunikasi telah berimplikasi terhadap semakin berkembangnya peperangan modern dengan pendekatan digital. Dijelaskannya, tentu diperlukan adanya penguatan peran, mulai dari pemerintah, stakeholders, tokoh agama dan tokoh masyarakat, serta segenap elemen bangsa dalam rangka memperkokoh kerukunan umat beragama, sebagai fondasi penting demi mewujudkan cita-cita persatuan dan kesatuan NKRI.

“Pelaksanaan Dialog dan forum diskusi yang dihadiri tokoh-tokoh lintas agama dan perwakilan pemuda se-Kabupaten Malang hendaknya tidak hanya menjadi bahan kajian semata, Namun lebih dari itu diharapkan dapat menjadi wadah yang tepat untuk menemukan solusi atas berbagai problematika yang ada dan menjadikan media untuk menumbuhkembangkan rasa nasionalisme, dan kecintaan kepada tanah air”, ucap Bupati.

Pak Sanusi menambahkan, unsur pemuda yang hadir sangat dibutuhkan dari sisi semangat dan ide-ide kreatifnya, sedangkan untuk tokoh lintas agama sangat dibutuhkan bimbingannya, agar senantiasa mengarahkan, sekaligus menebarkan ajaran kedamaian, yang penuh cinta kasih. “Kita harus yakin dan optimis bahwa dengan kolaborasi positif dan dukungan dari semua elemen bangsa, maka persatuan dan kesatuan dapat terwujud,” ungkap pria yang juga akrab disapa Abah ini. 

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Leave a Reply