Perubahan Komposisi, Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang 2019 – 2021 Resmi Dilantik

PolitikaMalang – Plt. Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM menghadiri acara Pengukuhan Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang di Ruang Rapat Anusopati, Senin (26/8) pagi ini. Kegiatan ini juga dihadiri oleh para pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Ketua dan Anggota Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang dan para Camat Se-Kabupaten Malang.

Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati mengatakan, bergulirnya roda otonomi daerah, menuntut adanya profesionalisme aparatur pemerintah, terutama dalam hal merencanakan, mengorganisir, menggerakkan dan mengawasi berbagai program pembangunan yang ada di daerah. Hal tersebut disampaikan saat memberikan arahan.

“Kita sependapat dengan pelaksanaan pembangunan lebih bijaksana, apabila dilandasi dengan wawasan penelitian dan pengembangan, sehingga upaya optimalisasi pemanfaatan dan penggunaan sumber daya alam dapat dikelola secara rasional guna mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan menjamin kesejahteraan generasi sekarang maupun yang akan datang,” ucapnya.

Beliau menambahkan, untuk mencapai pembangunan yang berkelanjutan diperlukan kegiatan penelitian dan pengembangan sebagai langkah awal untuk menghasilkan teknologi yang diarahkan kepada peningkatan nilai tambah produksi masyarakat. Dewan Riset Daerah merupakan lembaga non struktural di Daerah, yang membantu Pemerintah Daerah di bidang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Semenjak era otonomi daerah, peran lembaga-lembaga di daerah menjadi sangat penting dalam mendukung perekonomian. peran Dewan Riset Daerah sebagai lembaga independen yang memberikan rekomendasi kebijakan kepada Pemerintah Daerah, harus senantiasa diperkuat sehinga dapat memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan dan peningkatan perekonomian daerah berbasis inovasi, guna mencapai kesejahteraan rakyat,” ujar pria yang juga kerap disapa Abah ini.

Untuk mengoptimalkan kinerja Dewan Riset Daerah agar lebih efektif dan efisien, maka dilakukan penyesuaian terhadap Susunan Keanggotan Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang Tahun 2016-2021 sebagaimana ditetapkan dalam Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/281/35.07.013/2019 tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/6987/KEP/35.07.013/2016 tentang Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang Masa Keanggotaan Tahun 2016-2021 .

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Di akhir sambutannya, Abah berharap Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang dapat menjalankan tugas dan fungsinya, sehingga mampu memberikan kontribusi yang optimal terhadap pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mampu memberikan masukan kajian riset, sebagai pertimbangan Pemerintah Kabupaten Malang dalam mengambil kebijakan, serta diharapkan keberadaan Dewan Riset Daerah Kabupaten Malang dapat berjalan berdampingan dengan Pemerintah Kabupaten Malang, dalam merumuskan hal-hal yang strategis terhadap arah kebijakan daerah 

Leave a Reply