Polinema Konsisten Terapkan Program PMW Untuk Mendukung Start Up Business Mahasiswa

PolitikaMalang – Politeknik Negeri Malang (Polinema) terus mewujudkan konsistensinya
Dalam mendukung program pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) dengan mengembangkan dan memperbanyak jumlah mahasiswa wirausaha dengan menjalankan Progam Mahasiswa Wirausaha (PMW) melalui inkubator Bisnis Polinema, Entrepreneurship Training Unit (ETU).

Untuk memperkuat fungsi ETU, Direktur Polinema telah mengeluarkan Surat Keputusan Direktur nomor 307 tahun 2019 yang memutuskan bahwa Entrepreneurship Training Unit (ETU) Polinema ditetapkan sebagai Inkubator Bisnis Politeknik Negeri Malang.

Dengan begitu maka ETU Inkubator bisnis Polinema
sebagai unit pengelola kewirausahaan memiliki tugas untuk memfasilitasi semua kegiatan kewirausahaan mahasiswa yang meliputi Pendidikan, Pelatihan, Seminar, Pemberian modal usaha, Konsultasi dan Pendampingan usaha.

Ketua Entrepreneurship Training Unit (ETU) Inkubator Bisnis Polinema, Anik Kusmintarti menjelaskan bahwa Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tersebut bertujuan memberikan bekal pengetahuan, keterampilan dan jiwa wirausaha (entrepreneurship) berbasis Ipteks kepada para mahasiswa.

“Dengan pemberian bekal tersebut maka harapannya akan mampu merubah pola pikir (mindset) dari seorang pencari kerja (job seeker) menjadi pencipta lapangan pekerjaan (job creator),” ungkap Anik Kusmintarti.

“Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) tersebut otimatis akan menyiapkan para mahasiswa untuk menjadi seorang karyawan yang memiliki jiwa wirausaha (intrapreneur),” tambah Anik Kusmintarti.

Kenapa Polinema mendukung program tersebut, karena program itu sesuai dengan misi Polinema yakni menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan mutu sumber daya manusia dan pembelajaran yang mendorong pola pembelajaran seumur hidup dan tumbuhnya jiwa kewirausahaan,” tambahnya.

Upaya mendukung para mahasiswa untuk bisa menjadi seorang wirausaha tersebut sudah secara serius digarap oleh Polinema sejak tahun 2009 lalu dengan membentuk Entrepreneursip Training Unit (ETU) sebagai salah satu unit yang menginkubasi usaha baru mahasiswa (start up).

“Memang ETU sejak tahun 2009 lalu telah melaksanakan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) secara konsisten untuk melahirkan wirausaha muda dari Polinema yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi, ujar Anik.

Tahun 2019 ini, Polinema Terus konsisten berupaya melanjutkan program tahun sebelumnya untuk menginkubasi usaha-usaha mahasiswa serta memfasilitasi start up businessmahasiswa secara berkesinambungan. (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply