Proyek Islamic Centre Terus Menunjukkan Progres Positif

PolitikaMalang – Proyek prestisius Pemerintah Kota Malang, Islamic Centre, terus mengalami sejumlah perkembangan. Pembahasan Detil Engineering Design (DED) digeber guna mendapatkan gambaran tentang bangunan sentra pembelajaran agama Islam di Kota Malang itu.

Setelah mengalami berbagai tarik ulur baik dalam proses penganggaran maupun pengerjaannya, kini Pemkot bersama DPRD Kota Malang telah bersepakat mega proyek ini dilanjutkan. Anggaran yang dibutuhkan tidak sedikit sehingga perlu kewaspadaan dan transparansi yang tinggi dalam prosesnya.

Untuk mencapai ke arah tersebut, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Malang, kembali menggelar “Pembahasan Draft Laporan Akhir oleh Konsultan Perencana (DED) Islamic Centre Kota Malang” di Hotel Gajahmada.

Kepala Dinas PUPR, Hadi Santoso mengatakan pertemuan ini merupakan rangkaian dari pertemuan sebelumnya dengan agenda pembahasan serupa. Progres proyek Islamic Centre menurut pria yang akrab disapa Soni itu sudah ada peningkatan. Beberapa hal seperti model bentuk kubah, bangunan dan sebagainya sudah mendapat persetujuan bersama Pemkot, DPRD dan stake holder terkait.

“Ini adalah pertemuan final untuk membahas desain dan rencana untuk Islamic Centre,” kata Soni.

Dalam acara yang juga dihadiri Wali Kota Malang, H. Moch Anton, Ketua Komisi C, Bambang Sumarto dan perwakilan masyarakat itu, Soni berharap agar dalam prosesnya pembangunan proyek yang menelan puluhan miliar ini bisa berjalan dengan baik dan tanpa ada permasalahan.

Sementara itu, Wali Kota Malang, H. Moch Anton dalam arahannya menekankan adanya transparansi dalam proses pembangunan Islamic Centre. Abah, sapaan akrabnya menegaskan, konsep transparansi penting agar nantinya anggaran bisa bermanfaat bagi masyarakat buka sebaliknya merugikan.

“Dari dulu saya sudah menekankan tentang pentingnya transparansi,” kata Abah Anton.

Baca Juga :   THE Little finger Related Articles

Selain itu, pemilik kursi N-1 itu menambahkan jika Islamic Centre lahir dari usulan masyarakat dan ormas keagaamaan. Karena itu, selain bermanfaat dalam membangun sumber daya manusia Kota Malang, Islamic Centre, juga berpotens mendongkrak sektor ekonomi masyarakat sekitar. Itu karena, Islamic Centre selain merupakan salah satu destinasi wisata religi juga berfungsi sebagai tempat pembelajaran agama islam bagi masyarakat.

“Karena itu perlu sinergitas bersama dalam rangka pembangunan Islamic Centre,” ujar Abah Anton.

Leave a Reply