Punya Rekam Jejak Mumpuni, Gus Ali Ahmad Sambut Baik Irjen Fadil Imran Sebagai Kapolda Jatim

PolitikaMalang – Sambutan positif dan rasa optimisme dari berbagai pihak turut mengiringi penunjukkan Irjen Pol M Fadil Imran sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Timur (Jatim). Dengan segudang pengalaman, prestasi kinerja maupun prestasi secara akademik, Lulusan Akpol 1991 kelahiran Makassar dinilai sebagai sosok yang tepat sebagai menggantikan Irjen Pol Luki Hermawan yang menempati jabatan baru sebagai Wakalemdiklat Polri.

Berdasarkan Surat Telegram Kapolri Nomor : ST/ 1377/ V/ KEP./ 2020 tertanggal 1 Mei 2020, dijelaskan bahwasanya Irjen Pol M Fadil Imran akan segera menjabat Kapolda Jatim menggantikan Irjen Pol Luki Hermawan.

Sosok yang dikenal dengan gaya kepemimpinan milenial ini pun diyakini akan cepat beradaptasi dengan kultur masyarakat dan menjadikan Jatim wilayah yang lebih kondusif. Hal ini diungkapkan Anggota Komisi XI DPR RI dapil Malang Raya, H Ali Ahmad.

“Pertama tentunya kami mengucapkan selamat datang di Jawa Timur dan selamat bertugas untuk Irjen Pol M Fadil Imran. Beliau ini pemikirannya terbuka dan sosok yang komunikatif. Prestasi mengungkap kejahatan cyber saat menjabat Dircyber Bareskrim Polri tentunya tidak diragukan lagi. Dan kami yakin, beliau bisa membawa Jawa Timur ke arah yang lebih baik.” kata Pengasuh Ponpes Alhidayah Karangploso tersebut.

Anggota DPR RI Komisi XI Ali Ahmad


Sebagai bagian dari tokoh masyarakat Jatim, pria yang akrab disapa Gus Ali itu mengatakan bahwa tradisi para Kapolda Jatim sebelumnya, yang selalu aktif melibatkan para kiai dalam berdiskusi untuk mengambil keputusan harus terus dilestarikan.

“Hal ini menjadi tantangan beliau untuk meneruskan dan intens membangun komunikasi dengan kiai. Mengingat peran kiai di daerah menjadi panutan serta penyambung masyarakat. Kami yakin beliau ini orangnya cepat beradaptasi,” tukas ketua DPC PKB Kabupaten Malang ini.

Ia juga berharap, Fadil Imran sebagai Kapolda Jatim yang baru nantinya bisa bersinergi dengan semua elemen masyarakat dalam menjaga stabilitas Jawa Timur di berbagai bidang terutama politik dan keamanan karena Jatim menjadi salah satu barometer nasional. Apalagi, semua daerah saat ini sedang berkonsentrasi pada persoalan penanganan wabah Covid-19.

Sebagai informasi, Irjen Pol Drs. H. Mohammad Fadil Imran M.Si sangat berpengalaman dalam bidang reserse. Namanya cukup dikenal kala berhasil membongkar kasus – kasus besar. Beberapa prestasi yang dicapai pria bergelar Doktor Kriminologi Universitas Indonesia yakni, mengungkap cyber crime saat menjadi Dircyber Bareskrim Polri, menetapkan pidana korporasi pada kasus Kebakaran Hutan dan Lahan saat menjadi Dirtipideksus, termasuk prestasi mengungkap kasus ‘big fish’ saat menjadi Dirkrimsus Bareskrim.

Pria yang sebelumnya menjabat staf Ahli Sosial Budaya (Sahli Sosbud) Kapolri ini punya rekam jejak menduduki beberapa jabatan penting di Polri. Mulai dari Polres KP3 Tanjung Priok, Polres Kepulauan Riau, Polres Metro Jakarta, Polda Metro, hingga Mabes Polri.

Baca Juga :   Dapat Nomor Urut Satu, Sanusi: Lambang Keberhasilan

Leave a Reply