Pupuk Wawasan Kebangsaan, Polinema Gelar LDK di Kostrad

PolitikaMalang – Untuk mencetak SDM profesional yang mampu bertahan, berkembang dan bersaing sesuai dengan tuntutan jaman, Polinema bekerjasama dengan Divif 2 Kostrad membina Mahasiswa Baru melalui program Latihan Dasar Kedisiplinan (LDK) dan wawasan kebangsaan selama 18 hari.

Upacara Pembukaan Latihan dasar kedisiplinan dan wawasan kebangsaan mahasiswa Polinema tahun 2018 tahap 1, diikuti 1210 Maba, Selasa (31/7) di lapangan Divif 2 Kostrad Singosari, ditandai dengan penyematan atribut (LDK) oleh Kepala Staf Divisi Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Heriyanto.

Dalam kesempatan tersebut, dihadiri oleh para Kepala Jurusan (Kajur), Kepala Program Studi (Kaprodi), Dewan Pembina Akademik (DPA), Dewan Pembina Kemahasiswaan (DPK), Kaur dan Kasubag Kemahasiswaan, serta undangan dan kepanitiaan Polinema dalam LDK dan Wasbang 2018

“Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan atas kepercayaan dan kesempatan bagi kami untuk melaksanakan kegiatan ini, juga sebagai wahana untuk dapat mempererat silahturahmi dan kerjasama antara Divif 2 Kostrad dan Polinema,” ujar Kasdiv Infanteri 2 Kostrad, Brigjen TNI Heriyanto.

Heriyanto menuturkan bahwa, mahasiswa merupakan investasi yang sangat berharga untuk dijaga dan ditingkatkan sehingga mampu menjadi SDM profesional yang mampu bertahan, berkembang dan bersaing sesuai dengan tuntutan jaman.

“Dalam konteks pertahanan Semesta, benteng terkuat dalam menjaga kedaulatan negara adalah warga negara Indonesia yang memiliki karakter kebangsaan yang kokoh. Oleh karena itu, pembangunan karakter bangsa mutlak diperlukan untuk menyiapkan SDM serta menguatkan hati diri bangsa yang berkepribadian Pancasila dan UUD 1945,” tegas Brigjen TNI Heriyanto.

Heriyanto berharap,
dengan LDK dan wawasan kebangsaan ini sangat tepat untuk membentuk kualitas, moral dan etos kerja. Oleh karena itu dengan materi pelatihan yang akan diberikan akan mampu memotivasi mahasiswa untuk mampu melaksanakan tugas dengan benar, efektif efisien serta memiliki integritas dan profesionalitas yang tinggi,” tutup Heriyanto.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi 4 Pilar bersama Guru, Gus Ali Tekankan Ideologisasi sejak dini di Dunia Pendidikan

Sementara itu, Wakil Direktur bidang 3 kemahasiawaan ,
Dr. Anggit Murdani M.Eng mengatakan, selama ini Polinema telah bekerjasama dengan banyak pihak dan kali ini kita bekerjasama dengan Divif 2 Kostrad untuk LDK dan Wawasan Kebangsaan. Total keseluruhan peserta 3.100 mahasiswa yang terbagi 3 gelombang dimana untuk hari ini diikuti sekitar 1.210 Mahasiswa Baru.

konsep pelaksanaan LDK dan Wawasan Kebangsaan , menurut Anggit, akan ada ceramah, pembekalan, diskusi dan studi kasus dengan kegiatan kelas dan lapangan.

Harapan kedepan dengan diikutkannya Maba melalui LDK, akan memberikan pembekalan kepada mahasiswa termasuk menangkal gerakan radikalisme, narkoba dan sejenisnya.(*)

Pewarta : Djoko Winahyu.

Leave a Reply