Ramadan, BI Malang siapkan uang kartal Rp 3,9 Triliun

Politikamalang – Senin, 28 Mei 2018 pukul 08.00 WIB, BI Malang luncurkan mobil Kas keliling penukaran uang pecahan di lapangan parkir Bank Indonesia Malang.

“Sesuai dengan hasil rapat yang dilakukan oleh Bank Indonesia Malang bersama seluruh unsur perbankan di wilayah kerja BI Malang pada tanggal 2 Mei 2018 lalu, disepakati bahwa Bank Indonesia akan melayani penukaran uang serentak melalui 74 titik outlet Bank Umum dan 46 titik outlet BPR di wilayah kerja Bank Indonesia Malang sejak tanggal 28 Mei-8 Juni 2018,” terang Dudi Herawadi Kepala BI Malang.

Dudi menambahkan, pada periode yang sama layanan penukaran uang juga akan dilakukan melalui kegiatan kas keliling dengan menggunakan 14 mobil kas keliling (1 mobil milik Bank Indonesia, sedangkan 13 mobil lainnya adalah milik Bank umum).

“Untuk mengawali pembukaan kegiatan pelayanan penukaran uang ini, Bank Indonesia Malang melakukan kegiatan “Gelar Aksi Benang Emas (Bersama Melayani Penukaran Uang Kepada Masyarakat) 2018 Perbankan Jatim Katesa”

Dalam kegiatan ini juga dihadiri seluruh Pimpinan Cabang perbankan di wilayah kerja BI Malang, serta Kapolres Malang Kota.

Sebagai upaya mendukung kesiapan Perbankan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat untuk uang pecahan tersebut, Kantor Perwakilan BI Malang menyiapkan uang kartal sebanyak Rp 3,9 Triliun. “Jumlah tersebut merupakan nominal yang diperhitungkan melalui estimasi kenaikan jumlah permintaan kebutuhan uang pada periode Ramadhan/Idul Fitri yakni sekitar 14% lebih tinggi dari periode tahun sebelumnya yang sejumlah Rp 3,5 Triliun,” ungkap Dudi.

Dana tersebut dipersiapkan baik untuk penarikan secara tunai melalui kantor layanan maupun mesin ATM masing-masing perbankan, serta melalui pelayanan kas keliling kepada masyarakat.

Untuk penukaran uang melalui kas keliling di Kota Malang, akan dipusatkan di lapangan parkir GOR Gajayana (Mall Olympic Garden) mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai, serta di halaman balai kota Malang. Selain itu, layanan kas keliling juga akan dilakukan di beberapa lokasi lainnya seperti Kantor Pos Bangil Pasuruan, Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Masjid Agung Baiturrahman Kepanjen, dan beberapa lokasi pasar murah di wilayah Malang, Batu, dan Pasuruan,” pungkas Dudi Herawadi usai acra peluncuran mobil kas keliling oenujaran uang pecahan. (*)

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply