Ratusan Warga Merjosari Terima Santunan Baznas Kota Malang

PolitikaMalang – Capai target santuni Yatim dan Lansia, Basnas Kota Malang merasa puas. Hari terakhir santunan Lansia dan Anak Yatim di masjid Raden Rahmad Jalan joyo Utomo Merjosari ini, berjalan meriah dan dihadiri lurah berjosari yang kebetulan juga takmir Masjid Raden Rahmad. Kali ini santunan yang terakhir diberikan untuk 123 lansia dan 97 anak yatim piatu khusus warga di lingkungan kelurahan Merjosari.

Salah satu lansia warga Joyoarjo rt 96 rw.02 Pasri nenek renta usia( 83) thn ini semangat sekali , datang ke masjid meski harus berjalan tertatih tatih karena kedua lututnya sakit. Nenek Pasri mengaku baru pertama kalinya menerima bantuan dari Basnas .

“Syukur Alhamdulillah saya bisa shalat Idul Fitri mengenakan mukena baru dari Basnas,”ujar nenek Pasri sambil menunjukkan hadiah mukenanya.

Ditempat yang sama, Joko Sujatmono (78) warga merjosari 7menyatakan dirinya sudah mendapatkan pelayanan dari Baznas kota Malang selama tiga tahun terakhir.

Takmir Masjid Raden Rahmat yang ditemui di sela-sela pelaksanaan pemberian santunan tersebut, Abdullah menyatakan apresiasinya atas pelaksanaan pemberian santunan kepada para lansia dan yatim piatu yang ada di wilayah kelurahan Merjosari.

“Kalau proses pemberian santunan Baznas di Masjid Raden Rahmat ini baru pertama kali, tetapi kami sudah sering bekerjasama dengan Baznas kota Malang, salah satunya saat pengumpulan zakat dari masyarakat,” ujar Abdullah yang juga menjabat sebagai Lurah Merjosari.

Melihat animo para lansia dan yatim piatu penerima santunan dari Baznas kota Malang tersebut, Abdullah berharap agar pemberian santunan Baznas tersebut bisa dilakukan secara reguler untuk wilayah Merjosari dan wilayah lainnya,”tutup Abdullah.

Perlu diketahui, Masjid Raden Rahmat menjadi masjid ke 9 atau yang terakhir dalam rangkaian kegiatan roadshow pemberian santunan lansia dan yatim piatu dari Baznas kota Malang dalam bulan ramadhan tahun ini.

Baca Juga :   Sidak Proyek Kayutangan Heritage, Walikota Malang Minta Kemudahan Akses Warga

Kepala Baznas kota Malang, M. Fauzan Zenrif sangat puas bisa bekerjasama dengan seluruh takmir masjid sehingga pelaksanaan pemberian santunan di sembilan kelurahan yang ada di kota Malang tersebut secara rata-rata bisa berjalan dengan baik dan tidak terlalu banyak kendala yang ditemui.

Dari pelaksanaan pemberian santuan oleh Baznas kota Malang tersebut, membuat para takmir masjid meminta kegiatan Baznas tersebut dilaksanakan kembali di ramadhan tahun depan agar bisa memberikan manfaat bagi lansia dan yatim piatu yang memang membutuhkan santunan.

Ditemui usai memberi santunan dan berbuka puasa bersama, Direktur Bidang Kesehatan dan Sosial Baznas kota Malang, Erna Susanti menjelaskan bahwa dengan selesainya kegiatan pemberian santunan di Masjid Rahmat Merjosari hari ini berarti sudah menuntaskan kegiatan Baznas kota Malang untuk pemberian santunan kepada 1.000 yatim dan 1.000 orang lanjut usia (lansia) di 9 kelurahan kota Malang.

“Memang ada beberapa beberapa anak yatim piatu yang tidak bisa hadir pada saat pemberian santunan, tetapi hak mereka tetap kita berikan baik  dana insentif dan santunan barang yang lain dengan cara kita antar ke rumah mereka saat kita melakukan home visit pada lansia dan anak yatim piatu yang menjadi binaan Baznas kota Malang,” ujar Erna Susanti.

Pewarta :Djoko Winahyu

Leave a Reply