Resmi Dilantik, Kades Bululawang Jabat Ketua Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Malang

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, MM didampingi Pj. Sekretaris Daerah Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM bersama Forkopimda Kabupaten Malang serta jajaran OPD Kabupaten Malang menghadiri acara Pengukuhan Pengurus Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Malang dalam masa bakti 2020 – 2025 bertempat di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Jum’at (3/6) siang. pelaksanaan Musda mengandung makna penting dan strategis, sebagai perwujudan pelaksanaan fungsi demokrasi, sekaligus menjadi ajang silaturahmi dan sarana berbagi pengalaman positif para kepala desa.

Dalam Sambutannya Bupati Malang mengucapkan Selamat dan Sukses sekaligus menyambut baik, atas terselenggaranya Musyawarah Daerah (Musda) yang telah sampai pada tahap Pemilihan Pengurus, dan baru saja dikukuhkan pada hari ini. Kabupaten Malang merupakan salah satu daerah dengan mayoritas wilayah pedesaan dengan total 378 desa, dapat dipastikan bahwa arah pembangunan Kabupaten Malang sangat difokuskan pada pembangunan kawasan pedesaan. Suksesnya pembangunan di desa juga sangat menentukan kesuksesan pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Malang, bahkan pembangunan nasional secara keseluruhan, untuk menyukseskan agenda pembangunan desa agar sejalan dengan visi misi Pemerintah Kabupaten Malang, tentunya peran Kepala Desa menjadi penting.

“Saya percaya kepada seluruh Kepala Desa sebagai pemegang kendali jalannya pembangunan di tingkat desa, Kepala Desa hendaknya mampu menjalin komunikasi dan koordinasi kewilayahan yang mencangkup aparatur dalam satu desa, maupun dengan desa lain dan inilah keberhasilan pembangunan di tingkat desa juga dipengaruhi oleh kualitas dan kemampuan aparatur pemerintahan desa” ucap Bupati Malang.

Kebutuhan Sumber Daya Manusia khususnya SDM aparatur pemerintah desa yang memadai, sangat diperlukan untuk menggerakkan potensi dan sumber daya yang dimiliki, dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan. Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Malang ini hendaknya mampu berjalan selaras dengan kondisi terkini, dimana urgensi untuk memutus penyebaran Covid-19 menjadi fokus utamanya, “saya mengingatkan kepada seluruh Kepala Desa agar terus-menerus meningkatkan kedisiplinan masyarakat untuk melaksanakan protokol kesehatan, baik bagi diri sendiri, keluarga, dan lingkungan. Sekaligus mengupayakan agar wilayah-wilayah yang masih berstatus zona merah dapat segera pulih menjadi zona hijau” tegas Pak Sanusi.

Baca Juga :   Pjs. Bupati Malang Pimpin Upacara Peringatan Hari Jadi ke 75 Jawa Timur

Kepala Desa yang telah terpilih untuk lebih semangat bekerja dan saling mengisi untuk kemajuan di Kabupaten Malang, saya sudah mengatakan untuk Desa Kijang Kidul atau Desa-desa yang sudah bagus dan berkembang agar bisa membina kepala desa yang lainnya, sedangkan untuk dana yang telah disediakan akan di kembangkan agar nanti pemerataan pembangunan di Kabupaten Malang antar Desa yang satu dengan Desa yang lain sama rata, kata Abah Sanusi saat di tanyai oleh awak media.

Disamping itu Ketua Panitia Musda Ibu Hanik Dwi Martya S,Farm,.MAP mengatakan Asosiasi Kepala Desa Kabupaten Malang merupakan organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup kabupaten yang berdaulat dan mandiri dan terbentuk atas persamaan profesi di bidang pembangunan desa. Tujuan organisasi untuk membangun kebersamaan kepala desa dalam menjalankan pemerintahan desa dengan memperhatikan kearifan lokal setiap desa. Hasil rapat koordinasi yang telah dilakukan melalui mekanisme dan di rumuskan melalui perwakilan seluruh kepala desa dengan ketua Paguyuban tingkat kecamatan dihasilkan dan di rumuskan pengurusan asosiasi kepala desa masa bakti 2020 sampai dengan 2025 dengan terpilihnya Bapak Ahmad Bashori kepala Desa Bululawang sebagai ketua asosiasi kepala Desa Kabupaten Malang dan diikuti oleh pak Hendri Ansor sebagai wakil ketua asosiasi kepala desa Kabupaten Malang.

Leave a Reply