Resmi Ditahan KPK, Bagaimana Status Arif Wicaksono di PDI Perjuangan?

PolitikaMalang – Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Arif Wicaksono, ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas dugaan kasus suap APBD 2015.

Mantan Ketua DPRD Kota Malang itu kini mendekam dalam tahanan, karena sedang menjalani masa pemeriksaan. Status tersangka KPK yang diemban Arif Wicaksono membuat posisinya di partai kini sedang di ujung tanduk.

Melihat beberapa kasus serupa, nampaknya partai besutan Megawati Soekarnoputri itu tidak mau kompromi dengan kadernya yang diduga terlibat dalam kasus korupsi.

Sebut saja Wali Kota Batu, Eddy Rumpoko yang juga kader partai berlambang banteng itu, terpaksa dipecat sebagai anggota PDI Perjuangan karena menyandang status tersangka KPK. Bahkan posisinya sebagai Wali Kota Batu kini digantikan oleh wakilnya yakni Punjul Santoso sebagai pelaksana tugas (Plt).

Nasib yang sama, kemungkinan besar akan juga terjadi pada Arif Wicaksono. Posisinya sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan dan anggota DPRD bisa saja digantikan oleh kader lainnya. Namun, hingga kini belum ada statemen resmi dari PDI Perjuangan terkait dengan status Arif Wicaksono.

“Belum ada statemen resmi dari partai soal status Arif Wicaksono,” Kata Anggota DPC PDI Perjuangan Kota Malang, I Made Rian Diana Kartika.

Jika memang DPP PDI Perjuangan mengeluarkan keputusan memberhentikan Arif Wicaksono, maka posisinya di legislatif akan digantikan oleh Retno Mastuti, Calon Legislatif Nomor Urut 3 Daerah Pemilihan Lowokaru pada Pileg periode lalu.

Namun siapa yang akan menduduki posisi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang masih harus ditetapkan oleh partai. Ada sejumlah kandidat yang berpeluang untuk mengisi jabatan itu.

Nama Sekertaris DPC PDI Perjuangan Kota Malang, Abdul Hakim memiliki peluang yang besar. Pasalnya, Hakim baru saja dipilih partai menjadi Ketua DPRD Kota Malang menggantikan Arif Wicaksono.

Baca Juga :   Poker, IT, Alcohol-based drinks Challenges Filled With Japan

Nama lain yang bisa menduduki posisi tertinggi di PDI Perjuangan Kota Malang yakni Anggota Komisi C DPRD Kota Malang Suprapto, Anggota Komisi D DPRD Kota Malang, Hadi Susanto, Anggota Komisi B DPRD Kota Malang, Tri Yudiani.

Selain nama tersebut, sosok Ketua Wakil Ketua Bidang Badan Pemenangam Pemilu DPC PDI Perjuangan, I Made Rian Diana Kartika juga sangat berpeluang menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Malang.

Leave a Reply