Resmi, Sanusi Dilantik Sebagai Bupati Malang

PolitikaMalang – Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa resmi melantik Drs. H.M. Sanusi, MM sebagai Bupati Malang dengan sisa masa jabatan 2016-2021 di Gedung Negara Grahadi Kota Surabaya, Selasa (17/9) siang. Pelantikan ini berdasar Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia. Sebelum dilakukan pelantikan, diawali dulu dengan prosesi pengambilan sumpah jabatan Bupati Malang yang dipandu langsung oleh Gubernur.

Prosesi ini disaksikan juga Wakil Gubernur Jatim, Sekretaris Daerah Provinsi Jatim, Forkopimda Provinsi Jatim, sejumlah OPD Provinsi Jatim, Forkopimda Kabupaten Malang dan OPD di lingkungan Pemkab Malang, serta tamu undangan. Kemudian, Gubernur melanjutkan dengan pembacaan kata-kata pelantikan Bupati Malang yang dilanjutkan dengan prosesi pelepasan tanda dan pangkat jabatan Wakil Bupati Malang kepada Pak Sanusi. Setelahnya, Bu Khofifah berganti memasangkan pemasangan tanda dan pangkat jabatan Bupati Malang kepada Pak Sanusi setelah resmi dilantik.

”Selamat atas pengangkatan Bupati Malang dengan masa sisa jabatan 2016-2021. Kepada pak Bupati Malang yang baru saja dilantik, kita semua hadir di Grahadi untuk memberikan doa restu dalam kegiatan pelantikan dari Wabup Malang menjadi Bupati Malang masa jabatan 2016-2021,” ucap Khofifah dalam arahannya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur mendoakan Pak Sanusi agar mampu menjalankan tugas dengan baik, sukses dan memberikan manfaat yang baik bagi masyarakat Kabupaten Malang. Tentunya dengan mampu mewujudkan visi misi dan cita-cita Pemkab Malang dalam melanjutkan program pembangunan Kabupaten Malang. Bu Khofifah juga meminta agar Bupati Malang, serta anggota DPRD dan Forkopimda menyiapkan detail program yang disinkronisasikan baik antara RPJMD Provinsi Jatim dan RPJN.

”Di luar itu ada perkembangan yang tidak begitu lazim di periode yakni percepatan industri. Tim dari pemerintah pusat sangat cepat, intensif dan detail dalam menyiapkan detail programnya baik yang berhubungan dari pusat ke provinsi, dan dari daerah provinsi ke pusat. Mari cepat sinkronisasi dan jangan ada yang tertinggal. Dinamika seperti ini mari kita ikuti untuk mewujudkan pertumbuhan berkualitas dan inklusif,” tambah Khofifah.

Baca Juga :   Dapat Nomor Urut Satu, Sanusi: Lambang Keberhasilan

Karena waktunya pendek, Gubernur menyebut, tidak hanya Pemprov, kementerian teknis akan terus menagih detail programnya. Hal ini terkait tidak hanya posisi Kabupaten Malang diantara Malang raya. Namun juga posisinya di wilayah provinsi dan nasional. Khofifah juga bercerita, seakan rejekinya Pak Sanusi, mimpinya Malang raya punya MRT bakal diwujudkan dengan hadirnya calon investor asal China yang siap membangun Skytrain untuk hubungkan antara Gunung Panderman Kota Batu ke kawasan Bromo Tengger Semeru ke Kabupaten Malang.

Selain pelantikan Bupati Malang, pada kesempatan ini juga dilakukan pelantikan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Malang dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Malang sisa masa jabatan 2016-2021 yakni Hj. Anis Zaida. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua TP PKK Provinsi Jatim dan Ketua Dekranasda Provinsi Jatim, Arumi Bachin Emil Dardak.

Leave a Reply