Ridwan Hisjam Gandeng BPPT Serahkan Bantuan Arsinum Ke Ponpes Da’wah Nurul Islam

PolitikaMalang – Curah hujan yang tinggi di beberapa daerah di pedesaan kebanyakan terbuang mengalir begitu saja ke sungai. Bahkan tidak sedikit daerah yang mengalami banjir akibat hujan ini.

Dalam rangka penyediaan air bersih di Kabupaten Malang yang memiliki curah hujan yang tinggi, dapat dikembangkan Sistem Pemanfaatan Air Hujan (SPAH) dan Pengolahan Air Siap Minum (ARSINUM) yang layak dikonsumsi oleh masyarakat desa.

Pada kesempatan itu, Ridwan Hisjam anggota Komisi VII DPR RI, membaca kebutuhan itu akhirnya bersama BPPT menyerahkan bantuan Arsinum kepada Pondok Pesantren Da’wah Tahfidzul Quran Nurul Islam, Kabupaten Malang.

“Dengan teknologi Arsinum, air dari berbagai sumber seperti air tanah, air hujan bahkan air lautpun bisa diolah menjadi air bersih dan air layak minum,” terang politisi militan Partai Golkar tersebut saat serah terima, Rabu (20/2/2019).

Ridwan Hisjam menerangkan bahwa ternyata masih ada beberapa kawasan di Kabupaten Malang yang masih belum terjangkau PDAM dan masih membutuhkan air bersih, “Maka dari itu, teknologi seperti ini sangat tepat dan bermanfaat bagi masyarakat di daerah tersebut,” tetangnya.

Dalam kegiatan yang dihadiri puluhan santri, warga sekitar, peserta didik, dewan guru dan pengurus yayasan juga dihadiri langsung oleh Kepala Desa setempat.

“Harapannya tentu bisa mempermudah warga sekitar dalam mendapatkan air bersih, menginspirasi daerah-daerah lainnya serta ikut menciptakan Indonesia Bersih dan Indonesia Sehat,” tutur Caleg DPR RI Dapil Malang Raya tersebut.

Prinsip dasar SPAH lanjut Ridwan adalah mengalirkan air hujan yang jatuh di permukaan atap melalui talang air untuk ditampung ke dalam tangki penampung. Kemudian limpasan air yang keluar dari tangki penampung yang telah penuh disalurkan ke dalam sumur resapan.

Baca Juga :   Popularity Regarding Android Game titles Throughout That Smartphone App Market

“Sistem pengolahan air hujan mengolah air dari bak penampung menjadi air siap minum kualitas air kemasan dengan teknologi ARSINUM,” pungkas Politisi partai berlambang Pohon Beringi ini ( Golkar). (*)

Pewarta : Djoko Winahyu

Leave a Reply