Sambut Hari Jadi ke 1259 Tahun, Ini Gagasan Hasan Abadi untuk Kabupaten Malang

PolitikaMalang – Kabupaten Malang tepat berusia 1259 tahun hari ini (28/11/2019). Sebagai daerah terbesar kedua di Jawa Timur, Kabupaten Malang tak lepas dari segala problematika sosial kemasyarakatan yang masih megiringi. Mulai dari tingkat kemiskinan dan pengangguran yang masih tinggi hingga infrastruktur penunjang yang belum tergarap secara maksimal, menjadi keprihatinan tersendiri Rektor Universitas Islam Raden Rahmat (UNIRA) Kepanjen, Hasan Abadi.

Tokoh muda asal Wajak yang digadang – gadang akan maju dalam pilkada Kabupaten Malang 2020 ini memperkenalkan visi MALANG GEMILANG 2026 yakni refleksi dari pemaknaan atas filosofi Gemah Ripah Loh Jinawi Toto Tentrem Kerto Raharjo atau daerah yang aman, nyaman dan menyenangkan. Untuk menuju masyarakat sentosa dan sejahtera berbasis pada kearifan lokal dan sosial entrepreneurship.

Ada lima bidang program unggulan yang menjadi prioritas dalam membangun Kabupaten Malang.

“Pertama, Gemilang Pendidikan dan Kesehatan. Dalam bidang pendidikan akan diupayakan mengirim seribu putra putri terbaik Kabupaten Malang per tahun untuk bersekolah kejenjang formal akademik atau pendidikan vocasional. Ini agar anak muda tidak hanya punya wawasan nasional namun juga internasional,” bebernya

Lanjutnya, di bidang kesehatan akan dikembangkan jaminan kesehatan bagi masyarakat miskin (seperti jaminan persalinan daerah) dan layanan posyandu unggul dan berkualitas.

Kedua, Gemilang Ekonomi dan Industri. Dalam bidang ini akan diberikan keringanan modal usaha dan akses Keuangan bagi masyarakat.

“Dalam aspek ini pengembangan sains dan tekno industrial park juga sangat penting dengan mendorong industri pengolahan dan permesinan termasuk alsintan (Alat, Mesin Pertanian). Selain itu untuk mewujudkan malang digital perlu dilakukan dengan membuka akses Internet diseluruh desa,” tandas pria yang juga Ketua LP Ma’arif NU Kabupaten Malang ini.

Baca Juga :   Gelar Sosialisasi 4 Pilar bersama Guru, Gus Ali Tekankan Ideologisasi sejak dini di Dunia Pendidikan

Ketiga, Gemilang Agama dan Sosial Budaya. Diaplikasian melalui upaya pemantapan pengamalan kesalehan sosial dengan optimalisasi Islamic Center dan pembangunan spiritual center sebagai pusat peradaban serta mendorong pesantren sebagai pusat gerakan sosial dan kultural.

“Keempat, Gemilang Pedesaaan dan Lingkungan. Pembangunan desa wisata potensial dan BUMDes potensial akan menjadi poros utama. Disamping mendorong penggunaan energi terbarukan dan menuntaskan kebutuhan air bersih, ketahanan pangan, irigasi dan bendungan serta pengembangan desa pesisir dan lingkar hutan yang produktif dan ramah lingkungan,” jelas Hasan

Kelima, Pembangunan Pariwisata. Sebagai salah satu destinasi wisata favorit, sudah seharusnya memperbanyak penerbangan domestik dan internasional menuju Kabupaten Malang untuk memudahkan akses wisatawan. Ditunjang dengan memperbanyak event berskala internasional serta mengoptimalkan destinasi unggulan dan kawasan wisata strategis.

“Muaranya tentu saja untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang,” tukasnya

Hasan berharap, di usia yang ke 1259 tahun ini, Kabupaten Malang segera melakukan percepatan langkah pembangunan dalam rangka menghadapi perubahan di era global sehingga akan berdampak pada pelayanan masyarakat.

Leave a Reply