Sanusi: Tumpang Bakal Jadi Tumpuan Pariwisata Nasional

PolitikaMalang – Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, M.M merespon hangat dan memuji semangat tinggi masyarakat desa yang ada di wilayah Kecamatan Tumpang. Mereka dinilai antusias dan kompak bergerak bersama membangun desanya agar semakin berkembang dan lebih maju. Pernyataan ini disampaikan Pak Sanusi, sapaan akrab Bupati usai memimpin pelaksanaan Gerakan Membangun Desa (Gema Desa) di wilayah Kecamatan Tumpang. Tentunya, penilaian itu buah dari hasil peninjauan langsung ke 15 titik kunjungan yang terbagi dalam sebelas desa di wilayah Tumpang, sejak pagi hingga sore hari.

”Melihat masyarakat desa di wilayah Kecamatan Tumpang ini semakin antusias membangun desanya dan bergerak secara mandiri. Satu contohnya, pada sektor pertanian di Desa Pulungdowo. Sebanyak 160 orang anggota Kelompok Tani membuat saung dalam mengembangkan pertanian padinya. Semua kegiatan pertanian dipusatkan di saung tersebut dengan penuh guyub dan kompak,” terang Bupati.

Pak Sanusi menilai, Kecamatan Tumpang ini punya potensi luar biasa untuk berubah menjadi kecamatan maju. Bahkan, beliau yakin Tumpang akan menjadi tumpuan pariwisata nasional yang agamis. Tepatnya, jika program nasional Badan Otorita Pariwisata Bromo Tengger Semeru (BOP BTS) resmi ditanda-tangani Presiden Joko Widodo dan diserahkan ke Pemerintah Kabupaten Malang.

”Sebentar lagi Tumpang lewat BOP BTS ini akan menjadi pusat pariwisata. Rest area akan dibangun di Desa Jeru. Selain itu, Pemkab Malang juga akan anggarkan memberikan pembangunan fisik di desa dengan besaran secara merata. Selain itu, Tumpang memiliki potensi wisata terpendam. Semisal keberadaan Lembah Tumpang, Museum Panji Desa Slamet, Sumber Suko dan Wringin Songo, dan Sanggar Cokro Buwono yang indah, representatif dan layak dikembangkan untuk menjadi ikon di Tumpang. Kami dukung dengan promosi baik di media sosial dan media elektronik/cetak. Termasuk mengenalkannya ke travel agent,” pungkas Pak Sanusi.

Baca Juga :   Jaga Keharmonisan Keluarga, Gus Ali Ahmad Apresiasi Griya Curhat

Leave a Reply